Madiun

Absen Tes SKD CPNS, 212 Calon Abdi Negara Lepas Kesempatan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Total 212 peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 Kota Madiun melepas kesempatan menjadi abdi negara. Mereka absen mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) selama empat hari, Senin (27/1) hingga Kamis (30/1). ‘’Otomatis didiskualifikasi dari kepesertaan,’’ kata Kepala BKD Kota Madiun Haris Rahmanudin Jumat (31/1).

Jumlah peserta yang berhak mengikuti SKD sebanyak 3.781 orang. Sementara posisi yang dibutuhkan 164 formasi. Terdiri dari 67 tenaga pendidik, 50 tenaga kesehatan, dan 47 tenaga teknis. ‘’Dari total peserta yang mengikuti SKD, lebih dari 60 persen hasilnya memenuhi passing grade,’’ ungkapnya.

Berdasarkan Permen PAN-RB 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan CPNS 2019, ada tiga batas nilai dalam tes SKD. Yakni tes karakteristik pribadi (TKP) minimal 126, tes intelegensia umum (TIU) 80, dan tes wawasan kebangsaan (TWK) 65. Skor tertinggi 426 dan terendah 132.

Kendati demikian, lanjut Haris, itu belum menjamin peserta berhak mengikuti ke tahap selanjutnya. Yakni tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Sebab, seluruh skor SKD peserta langsung dikirim ke pusat. Selanjutnya, kewenangan pusat. ‘’Untuk peserta tes SKB diambil dari rangking tertinggi,’’ sambungnya.

Dalam seleksi CPNS kali ini ada perubahan dari sebelumnya. Saat pendaftaran, bagi peserta yang telah lolos SKD pada seleksi CPNS tahun sebelumnya mencatumkan nilai yang diperoleh. Selanjutnya nilai itu dibandingkan dengan nilai SKD tahun ini. ‘’Yang tertinggi yang akan dipakai. Tapi itu kewenangan pusat,’’ jelasnya.

Untuk tes SKB, sesuai jadwal akan dilaksanakan Maret mendatang. Untuk itu, dia mewanti-wanti peserta yang menunggu pengumuman lebih lanjut, tidak percaya oknum yang menawarkan kelulusan dengan embel-embel sejumlah uang. ‘’Jadwal pasti SKB belum ditentukan,’’  (kid/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close