Madiun

Abaikan Surat Tilang Elektronik, Satlantas Polres Madiun Kota Blokir 200 STNK

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sebanyak 200 STNK pelanggar lalu lintas di Kota Madiun terpaksa diblokir. Itu terjadi lantaran mereka tidak menindaklanjuti surat konfirmasi electronic traffic law enforcement (ETLE) alias tilang elektronik akibat pelanggaran yang dilakukan. ‘’Pemblokiran dilakukan jika selama 14 hari terhitung sejak surat diterbitkan tidak ada jawaban dari penerima,’’ kata Kasatlantas Polres Madiun Kota AKP Dwi Jatmiko, Kamis (7/10).

Dwi mengungkapkan, berdasarkan data ETLE, sepanjang Januari hingga September lalu terdapat 947 pelanggaran. Dari jumlah itu, 627 telah mengurus tilang, 120 surat konfirmasi mengalami retur, dan 200 pelanggar mangkir dari panggilan.

‘’Retur itu artinya surat konfirmasi tidak sampai ke tangan penerima karena rumahnya sudah tidak dihuni atau sebab lain yang tidak jelas,’’ tuturnya. ‘’Tapi, pemblokiran tetap dilakukan. Nanti akan ketahuan saat mengurus perpanjangan STNK,’’ imbuh Dwi.

Dia memerinci, pelanggaran yang selama ini tertangkap ETLE jenisnya beragam. Mulai tidak mengenakan helm, melewati markah jalan, hingga menerobos lampu merah. ‘’Paling banyak dilakukan pengendara sepeda motor. Kasus tertinggi di Jalan Citandui,’’ ungkapnya. (tr1/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button