Ngawi

92.274 Warga Ngawi Terima Bansos Dalam Bentuk Uang dan Beras

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Jaring pengaman sosial (JPS) Kementerian Sosial (Kemensos) untuk puluhan ribu warga Ngawi dijanjikan cair di sisa bulan ini. Total 92.274 orang menerima dua jenis bantuan sosial (bansos) di momen pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Sebanyak 47.829 keluarga penerima manfaat (KPM) di antaranya bakal menerima bantuan sosial tunai (BST). Masing-masing KPM menerima Rp 600 ribu untuk penyaluran sekali tahap Mei dan Juni. ‘’Langsung didobel. Kalau nominal BST per bulan Rp 300 ribu,’’ kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Ngawi Tri Pujo Handono, Selasa (20/7).

Kemensos kali terakhir memberikan BST April lalu. Pujo menyebut, jumlah KPM kali ini bertambah 7.826 dari hasil update data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Dalam penyaluran tiga bulan lalu ada 40.003 KPM. ‘’BST kali ini ada tambahan 10 kilogram beras untuk setiap penerima. Langsung disalurkan oleh Bulog,’’ ujarnya.

Selain BST, pemerintah pusat juga akan mengucurkan bantuan program keluarga harapan (PKH). Total ada 44.445 penerima bantuan uang yang terklasifikasi dalam tiga sasaran. Yakni, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan. Masing-masing PKM juga bakal mendapat tambahan 10 kilogram beras. ‘’Penyaluran BST dan PKH ditarget selesai dua pekan ini,’’ ucapnya sembari menyebut total tambahan bantuan beras sebanyak 922 ton. (sae/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button