Pacitan

91 Desa di Pacitan Belum Tangguh Bencana

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Kesiapan desa-desa di Pacitan dalam menghadapi potensi bencana alam belum tangguh seluruhnya. Tercatat ada sembilan puluhan desa yang tak termasuk dalam desa tangguh bencana (destana). Keterbatasan anggaran membatasi gerak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan untuk menginisiasi pembentukan destana secara merata.

Dari 171 desa/kelurahan di Pacitan, baru terbentuk 80 destana. Dalam setahunnya, BPBD hanya sanggup menambah 4-5 destana baru. ‘’Kami harapkan desa bisa menganggarkan dana untuk pembentukan destana. Kalau menunggu kita, tentu akan lama,’’ kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati, Kamis (24/6).

Hari-hari ini cuaca di Pacitan sedang mengalami anomali. Awal pekan lalu, hujan deras meluapkan anak Sungai Grindulu hingga menjebol tanggul di Jetis Kidul, Arjosari. Bencana itu terjadi saat wilayah barat Pacitan terancam kekeringan dan kesulitan air bersih. ‘’Ancaman bencana di Pacitan tergolong kompleks. Mulai banjir, longsor, kekeringan, hingga ancaman tsunami baru-baru ini,’’ ujarnya. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button