Madiun

8 Perjalanan Kereta Api Dibuka Hari Ini

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Delapan perjalanan kereta api (KA) diaktifkan kembali hari ini (12/6). Menutup layanan perjalanan kereta api luar biasa yang berakhir kemarin (11/6). Kebijakan ini mengiringi tahapan new normal transportasi yang mulai dijajaki pekan ini. ‘’Tahap awal, kami operasikan KA jarak jauh subsidi maupun komersial,’’ kata Manajer Humas PT KAI Daop VII Madiun Ixfan Hendriwintoko Kamis (11/6).

Delapan perjalanan KA yang melintasi Daop VII Madiun itu meliputi KA Kahuripan lintas Blitar-Bandung Kiaracondong, KA Sri Tanjung lintas Jogjakarta Lempunyangan-Surabaya Gubeng-Ketapang, KA Sancaka lintas Jogjakarta-Surabaya, dan KA Ranggajati lintas Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember. ‘’Berbeda dengan KLB, perjalanan kali ini terbuka untuk umum,’’ terangnya.

Daop VII Madiun tetap mewajibkan calon penumpang mematuhi protokol kesehatan. Membekali diri dengan surat keterangan sehat yang dibuktikan hasil rapid test yang menyatakan nonreaktif. Itu wajib ditunjukkan saat boarding pass di stasiun keberangkatan. ‘’Jika ada penumpang suhu badannya melebihi 37,5 derajat, tidak diperbolehkan berangkat,’’ tegasnya.

Untuk calon penumpang tujuan-kedatangan Jabodetabek wajib mengantongi surat izin keluar masuk (SIKM). PT KAI membekali seluruh penumpang dengan face shield ukuran dewasa. ‘’Seluruh penumpang juga kami imbau mengenakan pakaian lengan panjang,” terangnya.

Kapasitas tempat duduk dibatasi 70 persen di setiap gerbongnya. Semisal dalam satu gerbong terdapat 50 tempat duduk, hanya diisi tak lebih dari 35-40 kursi. Mencegah penumpukan di loket stasiun, pemesanan tiket hanya via online bisa dilakukan tujuh hari sebelum keberangkatan. ‘’Tarif tiket normal, tak ada kenaikan,’’ katanya. (mg3/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button