Magetan

775 Pekerja Migran Asal Magetan Pulang Kampung

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Proses panjang mesti dilalui para pekerja migran untuk pulang ke kampung halaman. Mereka yang kontrak kerjanya telah habis memutuskan kembali ke Tanah Air dengan sejumlah syarat. Mulai dari testing dan rentetan karantina. ‘’Jadi, harus melalui tiga kali karantina,’’ kata Komandan Satgas Penanganan PMI Magetan Letkol Inf Ismulyono Tri Widodo, Senin (10/5).

Hingga Minggu (9/5) terhitung sudah 93 PMI tiba di Magetan. Sementara, total seluruh PMI yang akan pulang berjumlah 775 orang. Sebelum tiba di Magetan, mereka menjalani isolasi di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, sebelum dapat dijemput pulang ke Magetan.

Sebelumnya, sejumlah PMI yang sudah lebih dulu pulang diisolasi di fasilitas karantina desa. Namun, belakangan kebijakan itu direvisi satgas. ‘’Supaya pengawasannya lebih mudah, dikarantina di satu tempat,’’ ujarnya.

Satgas meminjam gedung milik RSUD dr Sayidiman untuk dijadikan wisma karantina. Terdapat tiga blok dengan kapasitas 40 bed untuk tempat isolasi para PMI selama tiga hari dua malam sebelum pulang ke rumah masing-masing. ‘’Yang sudah isolasi di desa, semua dipindah ke wisma karantina,’’ terang komandan Kodim 0804/Magetan itu. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button