Ponorogo

73 Pasangan Menikah di Bawah Umur

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Nikah muda sepertinya mulai menjadi budaya di Ponorogo. Sepanjang tahun ini tercatat 88 pengajuan dispensasi nikah. ‘’Ini baru pertengahan November, belum sampai akhir tahun,’’ kata Wakil Ketua Pengadilan Agama Ponorogo Abdurahman.

Angka itu tergolong naik dibandingkan dua tahun sebelumnya. Pada 2017, ada 75 pengajuan dispensasi nikah. Jumlah yang sama juga terjadi pada 2018. Abdurahman menyebut, tidak semua dispensasi nikah yang diajukan disetujui. Tahun ini hanya 73 dispensasi nikah yang dikabulkan. Alasannya karena calon pengantin perempuan sudah hamil duluan. ‘’Rata-rata penyebabnya hamil duluan, kemudian orang tuanya mengajukan dispensasi,’’ ungkapnya.

Pihaknya sengaja menyetujui dispensasi nikah tersebut demi pertimbangan sosial. ‘’Akar permasalahannya di moralitas. Pemerintah dan masyarakat harus turun tangan bersama,’’ ujar Abdurahman.

Menurut dia, faktor lingkungan menjadi latar belakang pengajuan pernikahan dini. Karena itu, dalam tahapan administratif pengajuan dispensasi nikah, semestinya masing-masing lembaga memberikan advokasi. Mulai dari kelurahan, kantor urusan agama (KUA), dinas kesehatan, atau dinas sosial. ‘’Jadi, tidak sekadar formalitas (mengurus surat dispensasi nikah). Pengajuan surat dispensasi nikah itu kan melalui tahapan-tahapan itu,’’ jelasnya. (dil/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close