Madiun

657 Orang Lamar Kerja via Sicaker

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Mencari pekerjaan di saat pandemi gampang-gampang susah. Sebab, tak banyak perusahaan yang membuka lowongan. Buktinya, ribuan pencari kerja membanjiri aplikasi Sicaker yang dioperasikan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Disnaker-KUKM) Kota Madiun.

Kasi Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker-KUKM Hengky Wahyu Setyo Wibowo mengatakan bahwa aplikasi tersebut baru resmi diluncurkan awal September. Meski begitu, antusias pencari kerja cukup tinggi. ‘’Di hari-hari awal itu pengunjung tinggi, bahkan server sempat down,’’ katanya, Sabtu (25/9).

Sampai dengan saat ini Sicaker telah diakses 1.300 pengunjung. Dari total itu, 657 di antaranya merupakan pencari kerja. Sementara pemberi kerja yang tersedia berjumlah 1.572 perusahaan. Sedangkan yang sudah diterima ada 42 pelamar. ‘’Jadi, aplikasi tersebut mempertemukan antara pencari dan pemberi kerja. Tanpa melalui proses tatap muka,’’ terang Hengky.

Pencari kerja, lanjut dia, dapat memilih lowongan kerja yang dibutuhkan sesuai kompetensi bidang yang dimiliki. Sementara perusahaan dapat langsung menyeleksi calon pekerja melalui aplikasi itu. ‘’Penyalur tenaga kerja, luar negeri juga ada,’’ sebutnya.

Hengky berharap keberadaan aplikasi Sicaker mempermudah proses rekrutmen. Karena di dalamnya juga terdapat informasi baru seputar dunia kerja. ‘’Semboyannya mencari kerja dari rumah saja. Terobosan di masa pandemi ini,’’ tuturnya. (kid/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button