Ngawi

62 Kendaraan Dinas Pemkab Ngawi Bakal Dilelang

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Puluhan kendaraan dinas milik pemkab bakal dilelang ke publik dalam waktu dekat. Pun, jadwal pelaksanaan lelang aset tersebut telah dirilis Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun. ‘’Akan dilakukan 10 Februari nanti,’’ kata Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) Badan keuangan Ngawi Iwiek Retno Wulan Selasa (4/2).

Berdasarkan pengumuman Senin lalu (3/2), sebanyak 62 unit kendaraan berbagai jenis yang bakal dilelang kali ini. Perinciannya, 42 kendaraan roda dua, 6 roda tiga, dan 14 roda empat. ‘’Kondisinya masuk kategori rusak berat. Usianya di atas tujuh tahun,’’ ungkapnya.

Pelaksanaan lelang, lanjut Iwiek, juga dilakukan berdasarkan usulan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Pihaknya hanya memfasilitasi. Sementara, jadwalnya menyesuaikan pihak KPKNL Madiun. Karena itu, belum tentu setiap tahun ada pelelangan aset kendaraan dinas. ‘’Kalau ada usulan (dari OPD) dan syaratnya terpenuhi, ya akan kami lelang,’’ ujarnya.

Selain usia di atas tujuh tahun, Iwiek menyebut nilai total barang yang akan dilelang harus lebih dari Rp 50 juta. Karena itu, jika hanya beberapa OPD yang mengusulkan asetnya dihapus tidak langsung disetujui. Pun, pihaknya tidak memiliki kewenangan menaksir nilai aset yang bakal dilelang. ‘’Untuk prosesnya kami kerja sama dengan KPKNL, termasuk dalam menaksir berapa nilai aset yang akan dilelang itu,’’ paparnya.

Iwiek mengatakan, proses lelang kali ini dilakukan secara open bidding (penawaran terbuka) sehingga proses tawar-menawarnya bisa diketahui masyarakat. Sedangkan hasilnya, semua pendapatan dari lelang itu bakal disetor ke kas daerah (kasda). ‘’Kalau dulu masuk ke KPKNL Madiun, baru disetor ke kasda, sekarang langsung,’’ jelasnya.

Iwiek menambahkan, saat ini pemkab memiliki 2.539 unit aset kendaraan. Jumlah tersebut sudah termasuk 62 unit yang bakal dilelang pekan depan. ‘’Selain kendaraan, juga ada beberapa aset lain yang dilelang,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close