Madiun

61 Kendaraan Dinas Pemkot Madiun Dilelang

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Puluhan unit kendaraan pelat merah bakal dilelang. Kendaraan dinas itu berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Madiun. Saat ini Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Madiun tengah menginventarisasi.

Rencana penghapusan aset tersebut menindaklanjuti permintaan OPD. Sedikitnya ada 61 unit kendaraan siap dilepas. Perinciannya, 54 unit roda dua, empat unit roda tiga, dan tiga unit roda empat. ‘’Saat ini proses pengumpulan data,’’ kata Sekretaris BKAD Kota Madiun Sidik Muktiaji, Jumat (2/7).

Puluhan unit kendaraan itu dari 19 OPD. Tahun produksi kendaraan bervariasi. Paling tua Honda GL 1989. Paling baru tahun 2013. Diperkirakan proses validasi data itu tuntas pekan depan. ‘’Setelah itu, proses penilaian aset,’’ lanjutnya.

Pihaknya menggandeng tim appraisal independen. Setelah nilai aset ditentukan, selanjutnya diteruskan ke kantor lelang setempat. ‘’Kami bekerja sama dengan kantor lelang di Jalan Serayu,’’ ungkapnya.

Sidik menyebut, jadwal lelang menyesuaikan kantor lelang. Sistem lelang menggunakan close bidding. Sistem itu dipilih agar terjadi penawaran sehat dan paling menguntungkan. ‘’Pendapatan meningkat dibanding lelang terbuka,’’ paparnya.

Peserta lelang dapat melihat langsung kendaraan yang diminati. Itu menjadi keuntungan dari sistem lelang close bidding yang dapat dilakukan setelah lelang diumumkan di media massa. ‘’Begitu diumumkan, mereka diberi kesempatan melihat existing kendaraan yang dipilih,’’ terangnya.

Berkaca tahun sebelumnya, Sidik menyebut animo masyarakat cukup tinggi. Bahkan, peminat tidak terpengaruh pandemi Covid-19. (kid/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button