News

50gr Sama Dengan Berapa Sendok

×

50gr Sama Dengan Berapa Sendok

Share this article

50gr Sama Dengan Berapa Sendok – Pernahkah Anda mendengar seorang ahli gizi menganjurkan 4 bagian sumber makanan karbohidrat, 3 bagian protein hewani, dan sebagainya.. Berapa 1 bagiannya?

Nah…artikel kali ini akan menjelaskan tentang perbandingan bahan makanan, karena beda jenis tentu perbandingannya juga berbeda. Mari kita lihat.

50gr Sama Dengan Berapa Sendok

Nasi bukan satu-satunya sumber karbohidrat, masih ada beberapa makanan lain yang kandungan energinya (kalori) sama atau bisa disebut juga penukar berat per porsi makanan sumber karbohidrat, yaitu:

Bahan Dasar Pancake

Kelompok selanjutnya adalah lauk pauk sebagai sumber protein nabati yang setiap porsinya mengandung energi 80 kalori. Di bawah ini adalah contoh 1 porsi makanan.

Berikutnya…. Kelompok lauk pauk sebagai sumber protein hewani dibagi menjadi 3 jenis: protein hewani tanpa lemak (50 kalori dan 2 gram lemak per 1 porsi), lemak sedang (75 kalori dan 5 gram lemak per 1 porsi) dan tinggi. lemak (150 kalori dan 13 gram lemak per porsi). Jenis lauk hewani pada masing-masing kelompok disajikan pada tabel di bawah ini:

Ada juga kelompok sayuran yang memiliki 25 kalori per porsi. Nah, mengingat sayur-sayuran itu cukup mudah karena 1 porsi semua sayuran beratnya 100 gram. Porsi sayurnya adalah sebagai berikut:

Tapi… ada juga sayuran yang memiliki energi lebih banyak per 100 gramnya atau 1 porsinya, atau 50 kalori. Beberapa contohnya adalah:

Jual Kopi Nescafe Classic 50 Gram (harga Satuan) Di Seller Pilihlah Aku Toserba

Disusul kelompok Buah-buahan yang satu porsinya mengandung energi 50 kalori. Kandungan kalori pada gula pasir juga sama dengan pada buah, yakni 50 kalori per porsi (1 sendok makan/10 gram). Di bawah ini adalah data berat buah dalam 1 porsi.

Baca Juga  Cara Kulit Mengatur Suhu Tubuh Adalah

Berikutnya adalah kelompok susu. Terbagi menjadi 3; susu rendah lemak, rendah lemak, dan tinggi lemak. Susu skim hanya mengandung 75 kalori, susu rendah lemak mengandung 125 kalori, dan susu tinggi lemak mengandung 150 kalori.

Terakhir ada kelompok minyak/lemak, dimana satu porsi mengandung 50 kalori dan 5 gram lemak, semua minyak takarannya sama yaitu 1 sendok teh (5 gram) per porsi. Sedangkan untuk jenis lainnya, misalnya santan, 1 bagiannya berukuran 40 ml.