Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Madiun betul-betul kewalahan. Kondisi itu setidaknya tecermin dari adanya puskesmas yang merawat pasien positif korona. ‘’Ada dua puskesmas yang bisa menampung pasien korona, yaitu Puskesmas Krebet, (Pilangkenceng) dan Balerejo,’’ kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Anies Djaka Karyawan, Selasa (20/7).

Djaka mengungkapkan, ditampungnya pasien korona di puskesmas lantaran tingginya penambahan kasus positif akhir-akhir ini. Rumah sakit rujukan kerap tak dapat menerima pasien baru lantaran tempat tidur isolasi penuh. ‘’Pasien yang belum dapat kamar di rumah sakit, dirawat dulu di puskesmas,’’ ujarnya.

Dia memastikan Puskesmas Krebet dan Balerejo sudah mumpuni. Baik dari segi penanganan maupun dokter. ‘’Berapa pasien yang saat ini sedang dirawat, kami belum menerima laporan,’’ tutur Djaka.

Dia menyebutkan, tidak semua pasien positif Covid-19 bisa dirawat di dua puskesmas itu. Melainkan hanya yang bergejala ringan. Jika kondisi pasien memburuk, lanjut dia, akan ditindaklanjuti dirujuk ke rumah sakit. ‘’Perlu digarisbawahi, pasien yang ditampung di puskesmas itu adalah positif rapid test antigen,’’ ungkapnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button