Pengguna iPhone sudah bisa mengupdate sistem operasi perangkatnya ke iOS 16 mulai 13 September 2022. Sebelumnya, iOS 16 diuji mulai Juni hingga September 2022.

Setelah memperbarui ke iOS 16, pengguna dapat menikmati serangkaian fitur baru yang tersedia di sistem operasi terbaru Apple. tidak ada? Yuk simak informasinya disini.

Fitur tunggal ini merupakan fitur yang paling menonjol dari iOS 16. Perangkat lunak baru untuk iPhone memberi pengguna kemampuan untuk menyesuaikan pengaturan layar kunci mereka.

Pengguna iOS 16 dapat dengan mudah menyesuaikan font, warna, dan posisi item di layar kunci perangkat mereka hanya dengan mengklik item tersebut. Ada juga efek foto multi-layer yang membuat subjek foto terlihat seperti foto.

Fitur Edit, Unsend, dan iMessages Belum Dibaca

iMessage adalah peningkatan besar dibandingkan iOS 16. Menjalankan iOS 16, pengguna dapat mengedit (mengedit) pesan, membatalkan pengiriman, dan fitur yang belum dibaca (belum dibaca).

Program baru ini memberi pengguna waktu 15 menit untuk mengedit pesan yang mereka kirim dan 2 menit untuk tidak mengirim pesan. Kedua opsi ini berguna ketika seseorang mengirimi Anda pesan yang salah eja atau salah arah.

Perusahaan menampilkan riwayat pesan yang dimodifikasi dan pengguna dapat memodifikasi hingga 5 revisi untuk satu pesan.

Pengguna dapat menggunakan opsi Belum Dibaca untuk mengonfigurasi pesan yang telah dibaca, ditandai, dan akan ditanggapi nanti.

Namun, opsi Edit dan Batalkan Kirim hanya tersedia di perangkat yang menjalankan iOS 16, iPadOS 16, macOS 13 Ventura, atau watchOS 9.

Fitur teks langsung sebelumnya ada di iOS 15 dan memungkinkan pengguna untuk mencari informasi dalam foto yang diberi teks.

Di iOS 16, pengguna sekarang dapat melakukan hal yang sama dalam format video. Pengguna dapat menjeda video dan memilih teks untuk disalin dan ditempel atau diterjemahkan ke dalam video.

iOS 16 juga mengintegrasikan bahasa Jepang, Korea, dan Ukraina ke dalam sistem teks langsung.

Mode fokus iOS 16

Dengan pembaruan mode fokus di iOS 16, opsi ini akan muncul di layar kunci iPhone.

Filter fokus memungkinkan pengguna menetapkan batas dengan menyetel aplikasi mana yang akan ditampilkan, seperti kalender, aplikasi perpesanan, dan browser.

Menerapkan kunci sandi di iOS 16 alih-alih kode sandi

Apple sudah mencoba untuk menyingkirkan kriptografi dan menggantinya dengan Passkey. iOS yang lebih baru mulai mengubah kata sandi dengan cara yang lebih mudah, jadi Anda tidak perlu mengingatnya.

Dengan hanya melakukan sidik jari atau pemindaian wajah, pengguna dapat mengunci perangkat mereka dan melindunginya dari risiko phishing atau kebocoran situs web.

Passkey Sync juga memungkinkan pengguna iOS 16 untuk masuk ke perangkat lain menggunakan metode yang sama. Ini memungkinkan pengguna untuk masuk ke akun aplikasi atau situs web dengan memindai sidik jari atau wajah mereka.

Perangkat lunak iOS 16 dapat diinstal pada perangkat berikut:

1. iPhone 13 series (iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max)

2. iPhone 12 series (iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max)

3. Seri iPhone 11 (iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max)

4. iPhone Xs dan Xs Max

5. iPhone XR

6. iPhone X

7. iPhone 8 dan 8 Plus

8. iPhone SE 2020 Hari SE 2022

Untuk menginstal perangkat lunak, buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda dan geser ke atas hingga Anda menemukan opsi Umum. Saat Anda memilih opsi, menu menu muncul. Pilih Pembaruan Perangkat Lunak dari menu daftar lengkap.

Ketika pembaruan perangkat lunak tersedia, pengguna cukup mengklik opsi perangkat lunak dan pilih Unduh dan Instal. Setelah itu, pengguna dapat menyelesaikan instalasi dengan mengikuti prosedur di bawah ini.