Madiun

5.800 Laptop Pelajar Habiskan 46 Miliar

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Awal tahun ajaran baru 2020/2021 nanti, Kota Madiun masuk era sekolah dalam lipatan teknologi. Pemkot mengalokasikan Rp 46 miliar untuk pengadaan 5.800 laptop. Waktu yang dimiliki Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun untuk membelanjakan anggaran superjumbo itu tinggal enam bulan ke depan. Tepatnya, Juli pertengahan tahun ini.

Kadindik Kota Madiun Heri Wasana menerangkan, pengadaan ribuan laptop itu dihitung berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) per 1 Januari 2020. ‘’Kami siap menyelesaikan sesuai target,’’ kata Heri Kamis (9/1).

Mendasar total pengadaan, setidaknya seluruh sekolah bakal kebagian. Diperuntukkan bagi siswa kelas V SD dan VIII SMP. Harapannya dapat mendukung program pembelajaran berbasis teknologi informatika. ‘’Saat ini kami terus mengidentifikasi kebutuhan di tiap sekolah,’’ ujarnya.

Dindik juga melakukan riset terkait konten yang bakal diterapkan. Dengan menggandeng Pustekkom Kemendikbud. Agar muatan materi yang tersimpan di dalam laptop sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. ‘’Untuk materi pelajaran sudah siap,’’ tuturnya.

Setelah penerimaan, lanjut Heri, bakal dilakukan evaluasi per dua pekan. Untuk cek dan ricek histori akses yang dijalankan siswa. Jika didapati mengakses situs terlarang, laptop tersebut bakal dikarantina sementara waktu. Dindik juga bakal berkoordinasi dengan perguruan tinggi dan Diskominfo Kota Madiun. Untuk membantu pengawasan dan memblokir situs terlarang maupun game online. ‘’Orang tua juga harus mengawasi,’’ pintanya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close