AdvertorialMagetanPendidikan

450 Siswa Ikuti Uji Komptensi Kerja

MAGETAN – Fasilitasi sertifikasi uji kompetensi keahlian di sektor usaha dan industri diselenggarakan oleh SMKN 2 Magetan. Pelaksanaannya bekerjasama dengan kementerian pariwisata, direktorat pembinaan SMK kemendikbud serta badan nasional sertifikasi profesi (BNSP).

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 SMKN 2 Magetan Dwi Suratiningsih mengatakan, ini merupakan tahun kelima pihaknya mengadakan uji kompetensi kerja. Sementara untuk bisa mendapatkan sertifikat kompetensi kerja tersebut siswa harus melewati tiga ujian. Mulai dari ujian praktik, tulis dan lisan. ‘’Ada enam kompetensi keahlian yang diujikan,’’ katanya.

Adapun enam kompetensi itu di antaranya teknik komputer jaringan (TKJ), multimedia, tata boga, tata busana, tata kecantikan dan farmasi. Setidaknya ada 450 siswa kelas XII yang mengikuti uji komptensi kerja tersebut. ‘’Mereka bukan hanya berasal dari siswa SMKN 2 Magetan saja. Tapi, ada 27 siswa dari SMK Al-Qolam dan 7 siswa SMK Poncol,’’ sebut Dwi.

Dia menambahkan uji kompetensi itu diasesori dari LSP lain. Sehingga, penilaiannya kredibel. Serta sertifikat kompetensi yang didapat oleh peserta itu nantinya diakui dunia usaha dan dunia industri dalam proses rekrutmen tenaga kerja terampil. Namun, masa berlakunya hanya dua tahun. ‘’Dengan adanya sertifikat kompetensi kerja tersebut anak-anak akan mempunyai peluang yang cukup besar diterima di dunia kerja,’’ terangnya.

Diungkapkannya, saat ini sudah banyak lulusan SMKN 2 Magetan yang diterima bekerja. Bahkan, sekitar 30 persen jumlah siswa di sekolah tersebut saat ini sudah on job. Hal itu karena mereka telah dibekali dengan sertifikasi kompetensi kerja. Serta menjalin kerjasama dengan perusahaan nasional. ‘’Lulusan kami selain bekerja di perusahaan terkemuka, juga bisa berwirausaha secara mandiri,’’ pungkasnya. (ebo/bel/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close