Madiun

4 Ribu Nakes Kota Madiun Disuntik Vaksin Pertama

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pendistribusian vaksin Sinovac bakal dilakukan bertahap. Vaksin itu nantinya akan disimpan di gudang farmasi, sebelum kemudian disebar ke enam puskesmas dan enam rumah sakit di Kota Madiun yang ditunjuk sebagai pelaksana vaksinasi.

Tiap puskesmas digawangi dua vaksinator terlatih. Dibantu empat tenaga kesehatan (nakes) pendukung pelaksanaan. ‘’12 vaksinator telah dilatih. Saat ini ada 10 vaksinator dari rumah sakit yang mengikuti pelatihan. Jumlah vaksinator yang dilatih nanti ditambah lagi sampai Maret,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun dr Denik Wuryani.

Terkait sasaran, Denik belum berhitung jumlah pasti. Nakes tetap menjadi prioritas pertama. Sedikitnya terdapat 4.400 nakes di bawah naungannya yang masuk entri data sistem informasi sumber daya manusia kesehatan (SISDMK). SISDMK merupakan sumber data terpusat yang dijadikan rujukan pemerintah pusat untuk menentukan sasaran vaksinasi di daerah. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button