Pacitan

350 Personel Amankan Nataru, Jaga Lima Objek Wisata

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Tempat wisata jadi salah satu fokus pengamanan Natal 2019 dan tahun baru 2020 di Pacitan. Setidaknya, lima destinasi wisata bakal dijaga ketat petugas gabungan. ‘’Pantai Teleng Ria, Klayar, Soge, Watu Karung, dan Gua Gong,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Sugandi Kamis (19/12).

Pengamanan objek wisata itu termasuk lingkup operasi bersandi Lilin Semeru 2019. Sebanyak 350 personel dilibatkan mulai TNI, Polri, satpol PP, dinas perhubungan, dan instansi terkait lainnya. Operasi berlangsung 10 hari mulai 23 Desember hingga 1 Januari 2020. ‘’Pasukan akan disebar di tiga pos pantau, pelayanan, dan pengamanan. Jika memungkinkan di terminal juga,’’ ujarnya.

Sugandi menyatakan, pengamanan itu upaya mengantisipasi kerawanan momen libur panjang Natal dan tahun baru (Nataru). Seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Imbas liburan dan perayaan malam tahun baru. Kerawanan lainnya konflik sosial, tawuran, pesta minuman keras (miras), dan narkoba. ‘’Tawuran dan konflik sosial itu pemicunya miras,’’ ungkapnya.

Kemarin apel Operasi Lilin Semeru digelar di mapolres. Dalam kesempatan itu, miras berbagai jenis hasil pengungkapan selama tahun ini dimusnahkan. Yakni, 48 botol bir dengan kadar alkohol 4,7 persen; 17 kaleng alkohol 4,9 persen; dan arak jowo (arjo). (mg2/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button