Pacitan

33 Warga Tambakrejo Positif, Satu Meninggal Dunia

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Berawal dari menjenguk orang sakit, 29 warga Tambakrejo, Pacitan, terpapar Covid-19. Puluhan warga itu kini dirujuk ke Wisma Atlet. Menyusul 4 warga setempat yang terlebih dahulu menjalani isolasi di pusat karantina tersebut.

Plt Kadinkes Pacitan Hendra Purwaka mengatakan, meroketnya penularan korona di Tambakrejo tersebab ketidaktahuan warga saat menjenguk tetangganya. Belakangan, tetangga yang dijenguk itu ternyata terkonfirmasi positif Covid-19. ‘’Saat itu belum tahu bila yang dijenguk itu terpapar korona,’’ ujarnya, Rabu (16/6).

Penularan ini tergolong masif. Bahkan, ledakan kasus baru terungkap ketika salah seorang warga setempat dinyatakan meninggal dunia suspect korona. ‘’Ada yang sakit lalu dirujuk ke RSUD. Setelah diperiksa diduga korona. Belum sempat diambil sampelnya, yang bersangkutan meninggal dunia. Akhirnya kita lakukan tracing massal,’’ papar kepala BKBPP P2 itu.

Hendra menyayangkan minimnya kewaspadaan warga terhadap potensi penularan korona. Diduga penerapan protokol kesehatan di lingkungan suspect itu longgar. Setelah 33 warga terpapar korona, dinkes belum memutuskan untuk mengarantina Tambakrejo. Namun, pihak desa diminta mengintensifkan pencegahan dan memantau setiap pergerakan warga di lokasi endemi. Sekaligus menggencarkan disinfeksi. ‘’Semua yang berpotensi tertular sudah diketahui, jadi tidak perlu sampai lockdown,’’ jelasnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button