Magetan

304 PMI Mudik, Delapan Positif Korona

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Perjuangan berat dilalui para pahlawan devisa selama lebih setahun terakhir. Tak hanya harus jauh dari kampung halaman, para pekerja migran Indonesia (PMI) juga menghadapi risiko terpapar Covid-19 di perantauan. ‘’Sejauh ini sudah delapan PMI terdeteksi positif,’’ kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Magetan Gatot Sapto Priyono, Minggu (1/8).

Gatot mengungkapkan, tahun ini akan ada 770 PMI yang kembali dari perantauan. Gelombang pertama kepulangan mereka diawali pada 23 April lalu. Hingga Jumat (30/7) sudah 304 PMI pulang. Pada hari itu terdapat 12 PMI yang tiba di Magetan. ‘’Mayoritas karena kontrak mereka habis. Tapi juga ada yang pulang karena alasan keluarga,’’ bebernya.

Delapan PMI itu diketahui positif setelah melalui serangkaian skrining. Setiba di Bandar Udara Juanda, para pahlawan devisa diwajibkan menjalani tes swab dan isolasi selama tiga hari. Jika dinyatakan negatif, mereka diperbolehkan pulang ke Magetan. ‘’Sampai di Magetan kembali menjalani swab,’’ papar Gatot. (mg5/c1/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button