Ngawi

30 Warga Sukowiyono Di-Lockdown

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kasus persebaran Covid-19 mengganas di Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Ngawi. Sebanyak 18 warga dari dua rukun tetangga (RT) di desa itu positif terinfeksi virus korona. Dinas kesehatan (dinkes) mengunci sementara (kuntara) lingkungan RT 03 dan 04, RW 01, yang dihuni 40 anggota keluarga itu sejak Senin lalu (3/5). ‘’Lockdown seminggu untuk mencegah penularan virus,’’ kata Kepala Puskesmas Padas Zain Ratna Priyanto, Jumat (7/5).

Zain mengungkapkan, 18 pasien positif berasal dari 14 rumah. Belasan penderita itu terkonfirmasi dari hasil pelacakan sejak 30 April lalu. Tracing dilakukan pasca seorang warga diketahui terpapar virus yang kali pertama ditemukan di Wuhan, Tiongkok, itu beberapa hari sebelumnya. ‘’Belum diketahui sumber penularannya. Tapi, perkiraan dari jamaah salat Tarawih,’’ ujarnya.

Sebanyak 18 pasien positif dirawat di tiga lokasi berbeda. Delapan isolasi di rumah, sisanya dirawat di RSUD dr Soeroto, RS Widodo, dan RSI At-Tin. Sedangkan 22 warga di dua RT itu harus isolasi mandiri meski hasil tes swab-nya negatif. Sebab, punya riwayat kontak erat dengan belasan pasien positif. ‘’Petugas medis mengecek kondisi kesehatan dengan cara visitasi dan telepon,’’ tuturnya.

Satu akses masuk dua RT itu diportal bambu. Warga tidak boleh keluar rumah. Orang dari luar juga tidak bisa masuk. Perangkat desa bersama babinsa dan bhabinkamtibmas setempat melakukan penjagaan. ‘’Rencananya besok (hari ini, Red) ada tracing dengan tes swab lagi di lingkungan RT 03 dan 04,’’ ungkap Zain. (mg3/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button