Ponorogo

30 Santri Ponpes Diduga Keracunan Makanan

Menu Buka Puasa Pembawa Petaka?

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sedikitnya 30 santri salah satu pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Sukorejo, Ponorogo, diduga keracunan. Itu terjadi usai berbuka puasa Minggu (3/5) dan sahur Senin (4/5). Hingga Selasa (5/5) mereka masih dirawat di sejumlah puskesmas dan klinik kesehatan. ‘’Pasien masuk Senin, keluhannya panas dan lemas,’’ kata Kepala Puskesmas Kauman dr Yunita Selasa (5/5).

Yunita menuturkan, hingga kemarin delapan santri masih dirawat di Puskesmas Kauman. Pihaknya memberi cairan infus dan obat-obatan. Kondisi para santri terpantau terus membaik. ‘’Sebagian pasien sudah tidak merasakan panas,’’ ungkapnya.

Pihaknya belum mengetahui penyebabnya. Dugaan awal karena keracunan makanan. Namun, belum dapat dipastikan dari mana sumbernya. Apakah menu makanan saat berbuka atau sahur. ‘’Masih menunggu hasil uji laboratorium,’’ terangnya sembari menyebut total 30 santri mengalami keluhan serupa.

Kapolsek Sukorejo AKP Benny Hartanto memerinci, delapan santri dirawat di Puskesmas Kauman, tiga santri di Puskesmas Babadan, sepuluh santri di Puskesmas Ngrandu, dan sembilan santri di Klinik Budi Asih. ‘’Perawatannya tersebar di sejumlah puskemas dan klinik,’’ katanya.

Informasi yang dihimpun polisi, pihak ponpes mendapat kiriman nasi bungkus dengan lauk ayam dan kolak dari salah satu donatur pada Minggu sore. ‘’Diduga keracunan dari menu buka puasa tersebut,’’ ujarnya.

Polisi sudah menyelidiki. Menu berbuka sudah diambil sampelnya. Selanjutnya, menunggu uji laboratorium. Jika keterangan dan barang bukti sudah terkumpul, polisi akan berlanjut memanggil para saksi. ‘’Saat ini kami masih belum memeriksa saksi-saksi,’’ tuturnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close