Ponorogo

30 KK di Ponorogo Krisis Air Bersih

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kemarau biangnya kekeringan. Di pengujung musim panas ini, krisis air bersih terjadi di Dukuh Jenggring, Desa Duri, Slahung, Ponorogo. Pemerintah desa setempat sengaja menyurati Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo agar segera memasok air bersih. ‘’Aliran sungai, sumur, dan sumber air sudah mengering di wilayah itu,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono, Sabtu (18/9).

Menurut dia, ada sekitar 30 kepala keluarga (KK) yang terdampak kekeringan. Mereka tinggal di RT 02/RW 03. Tidak semua warga satu dukuh itu ikut terdampak. BPBD kemarin mengirim 12 ribu liter air bersih ke Jenggring. Budi –sapaan Setyo Budiono– berhitung suplai air bersih belasan ribu liter itu bakal habis dua hingga tiga hari. ‘’Kendalanya pada proses pengiriman,’’ jelasnya.

Lokasi kekeringan berada di ketinggian dengan ukuran 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Suplai air tidak dapat diestafetkan dari bawah. Truk tangki pengangkut air bersih itu harus mencapai lokasi langsung. (mg7/c1/hw/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button