Ponorogo

30 Kelas SMAN 3 Ponorogo Tergenang

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Tiga wilayah kecamatan di Ponorogo terendam Jumat (28/2). Sebagian besar merupakan wilayah langganan banjir setiap musim penghujan. Selain menggenangi jalan hingga masuk rumah warga, kegiatan belajar-mengajar (KBM) di SMAN 3 Ponorogo terganggu. ‘’Sekitar 30 ruang kelas tergenang, paling parah 10 ruang,’’ kata Kepala SMAN 3 Ponorogo Sugiyanto.

Menurut dia, banjir mulai merendam sekolahnya sejak dini hari. Setelah malam sebelumnya hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Kecamatan Ponorogo. SMAN 3 berada di dekat aliran Sungai Paju. Pun, di dataran yang relatif rendah dibanding sekitarnya. Alhasil, luapan air mengalir ke sekolah. ‘’Air masuk dari belakang sekolah. Sejak malam mulai naik,’’ ungkapnya.

Hingga jam masuk sekolah pukul 06.30 genangan belum surut. Sehingga, pihaknya memundurkan KBM hingga pukul 08.00. Siswa diajak kerja bakti mengeringkan genangan di ruang kelas. ‘’Laboratorium fisika, kimia, dan biologi sudah kami pindah ke ruangan baru. Sehingga tidak begitu terdampak secara materiil,’’ ujarnya.

Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat mencatat, banjir melanda wilayah di tiga kecamatan. Meliputi Ponorogo (kota), Siman, dan Balong. Di wilayah kota, terparah melanda Kelurahan Paju, Purbosuman, dan Surodikraman.

Total delapan ruas jalan tergenang setinggi 10 hingga 20 sentimeter. Sepuluh rumah terendam. ‘’Di Jalan Ahmad Yani (kawasan Sinduro), ketinggian air mencapai 40 sentimeter. Beberapa wilayah di kecamatan kota memang langganan banjir,’’ kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo Setyo Budiono.

Pantauan BPBD, genangan berangsur surut kemarin pagi. Menurut Budi, salah satu biang banjir di kawasan kota adalah penyumbatan saluran air akibat sampah. Dia berharap masyarakat menyadari pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan. ‘’Perlakuan kita terhadap alam itu akan kembali kepada kita. Kalau apa yang kita perbuat tidak benar, itu juga akan berdampak pada kita semua,’’ ucapnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close