News

3 Pengetahuan Allah Yang Tidak Terbatas

×

3 Pengetahuan Allah Yang Tidak Terbatas

Share this article

3 Pengetahuan Allah Yang Tidak Terbatas – Soeara-peladjar.com – Manusia hidup di dunia ini tidak sendirian dan bebas melakukan apa pun yang diinginkannya. Namun, ia harus menjalani hidupnya sesuai aturan Rabb-nya. Oleh karena itu, seseorang harus mempunyai ilmu untuk melakukan segala sesuatu.

Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim. Dengan ilmu Islam yang diperolehnya bermanfaat baginya dan dengan ilmu tersebut ia dapat menjalani kehidupan duniawinya dengan baik. Ia akan beriman kepada Allah dan menaati hukum Allah SWT.

3 Pengetahuan Allah Yang Tidak Terbatas

Ilmu manusia tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ilmu Allah, maka dari itu dengan ilmu yang kita punya, tidak pantas kita sombong, tidak pantas bersikap bijak, tidak pantas menganggap yang satu lebih baik dari yang lain. Ya. Namun, kami akan terus mempelajari ilmu keislaman dan membaginya kepada orang lain. Berbagi informasi dengan orang lain. Saling mengingatkan bukti cinta terhadap saudara muslim.

Filsafat Ibnu Sina

Membandingkan ilmu Allah dengan ilmu manusia ibarat setetes air di lautan luas. Namun, terkadang ada orang yang bangga dengan ilmunya. Jadi dengan pengetahuan itu, terkadang terasa menyenangkan. Ketika teringat, dia marah dan berkata, “Kamu tahu dengan ilmumu, aku tahu. Jadi kamu tidak perlu mengingatkanku” astaghfirullah. Jangan bangga dengan ilmu yang kamu punya. Apa yang membuat Anda bangga karena hanya mengetahui sedikit hal tentangnya? Sekarang, Tuhan tahu yang terbaik.

“Dan jika pohon-pohon di bumi menjadi bulu dan lautan menjadi tinta, dan ketujuh lautan menjadi satu setelah mengering, maka pastilah firman Tuhan tertulis. Sesungguhnya Tuhan itu Mahakuasa dan Mahakuasa. menciptakanmu atau meninggikanmu, namun seolah-olah Dia menciptakan jiwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Mengetahui.” (QS.Luqman : 27-28)

Allah SWT menciptakan langit dan bumi beserta isinya. Ini sangat menakjubkan sehingga mengejutkan pikiran manusia. Hendaknya selalu membaca ayat-ayat Allah SWT, ayat Qauliyah/Quran dan ayat Kauniyah/alam semesta. Karena disitulah lautan ilmunya dan mendorong anda untuk belajar dan mengamalkannya. Sesungguhnya ilmu Allah itu luas dan ilmu manusia sangat terbatas. (ar) Tidak perlu memberikan gambaran Allah. Karena apapun gambaran yang dibayangkan pikiran manusia, Allah subhanahu wata’ala sungguh berbeda dengan gambaran itu. Alquran mengatakan:

Pikiran manusia yang terbatas tidak dapat memahami sifat Allah subhanahu wata’ala dan tidak dapat menggambarkannya secara akurat. Setiap orang memberikan gambaran Allah dalam pikirannya, hanya saja Allah itu serupa dengannya. Dan semuanya jauh dari kebenaran. Oleh karena itu, Nabi Shallallahu’alaihi wasallam melarang umat Islam untuk memikirkan Allah dan menyuruhnya untuk memikirkan (tafakur) ayat-ayat-Nya.

Baca Juga  Contoh To Be

Hakikat Ketuhanan Allah Swt

Dalam hal ini banyak sekali informasi dari para ahli ilmu pengetahuan tentang larangan memikirkan sifat Allah dan nasehat memikirkan ciptaan-Nya. Ibnu Abi Zaid Al-Faironi Al-Maliki berkata dalam Ar-Risala:

“Wahai orang-orang yang memuji Allah, puji-pujian kepada-Nya tidak dapat mencapai wujud sifat-Nya dan orang bijak tidak dapat merasakan keberadaan-Nya. Orang bijak dapat mengambil hikmah dari ayat-ayat-Nya, namun mereka tidak dapat membayangkan seperti apa Dia.”

*Pertama, *lihat dan tunjukkan. Tuhan subhanahu wata’ala tidak dapat dilihat atau dialami di dunia ini. Karena kitab suci agama menjelaskan. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

Dia tidak bisa menerimanya dengan mata telanjang, tapi dia bisa melihat semua yang terlihat; dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-An’am : 103)

Islam Dan Pengetahuan

“Kamu tahu, tidak ada seorang pun di antara kamu yang akan melihat Tuhannya sampai dia mati.” (HR. At-Tirmidzi, berkata: Hadits ini Hassan Sahih)

*Kedua, *boleh membandingkan sesuatu dengan sesuatu serupa yang pernah dilihat orang lain. Namun membandingkan sesuatu yang terlihat dengan sesuatu yang tidak terlihat, hal tersebut mustahil di sisi Allah subhanahu wa ta’ala. QS. Ash-Shura : 11 penjelasan ilmu ini.

*Ketiga,* Kekuasaan Allah subhanahu wata’ala dapat dilihat dengan memperhatikan penciptaan langit dan bumi. Jejak Allah subhanahu wata’ala terlihat pada apa yang menimpa kita, bumi dan langit. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa alam semesta berjalan dengan lancar dan segala sesuatunya diatur dengan sempurna sehingga ada yang mampu memperbaikinya, yaitu Allah subhanahu wata’ala.

Ini (tafakur tentang penciptaan langit dan bumi dan segala isinya) merupakan satu-satunya wasilah yang membuat seseorang memahami dan beriman bahwa Allah subhanahu wata’ala itu esa, tidak ada temannya. Dia memiliki semua kualitas baik yang cocok untuknya dan bebas dari segala cacat.

Bagaimana Kita Beradab Kepada Allah Swt?

Oleh karena itu, Al-Qur’an menganjurkan kita untuk memikirkan peristiwa-peristiwa manusia, alam dan ruang angkasa, agar manusia memahami kebesaran Allah subhanahu wata’ala.

“Apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi serta segala yang diciptakan Allah dan kehancurannya sudah dekat? Kabar baru apakah yang mereka peroleh? Beriman setelah Al-Qur’an? (QS. Al-A’raf: 185 )

Baca Juga  Teknik Yang Digunakan Untuk Membuat Kerajinan Limbah Lembaran Plastik

Singkatnya, seorang muslim tidak diperbolehkan menjelaskan sifat Allah subhanahu wata’ala. Dan barangsiapa yang memuja wujud wahyu Allah, maka ia adalah penyembah berhala dan Allah tidak ada bandingannya dengan apa pun. Obat bagi yang mengalami kondisi di atas adalah dengan membuang dan berhenti memikirkan Allah subhanahu wata’ala, memohon perlindungan kepada-Nya dari setan dan mengucapkan:

Keterangan di atas menunjukkan bahwa usaha untuk berbicara, berkomunikasi dan mengetahui untuk menjelaskan hakikat Tuhan, untuk memungkinkan mengenal-Nya, dengan cara tertentu dan melalui suatu pengetahuan, adalah tindakan yang tidak masuk akal dan tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan, karena keterbatasan akal. akan. tidak akan habis dapat menunjukkan bagaimana keadaannya.

Inilah Isi Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33, Bukti Kekuasaan Allah Di Langit Dan Bumi!

Melihat gambaran Tuhan yang sempurna melalui kitab suci yang benar yaitu Al-Qur’an. Dialah Yang Maha Kuasa, tempat shalat, tiada anak dan tiada anak serta tak diperanakkan dan tidak ada yang menyamai Dia (QS. Al-Ikhlas)

Ilmu yang membahas tentang Tuhan disebut teologi. Perkataan yang benar tentang Tuhan harus datang dari kitab suci, bukan dari filsafat atau pendapat manusia. Misalnya saja Tritunggal yang merupakan konsep ketuhanan yang muncul dari filsafat manusia yang hidup sebelum adanya agama Kristen, yaitu doktrin: tiga pribadi dalam satu, satu pribadi dalam tiga.

Umat ​​Kristiani memahami Tritunggal dengan analogi. Pada akhirnya mereka tidak mau mengerti dan akhirnya mengatakan bahwa Trinitas tidak bisa dipahami, hanya bisa dipercaya. Jangan mengandalkan keyakinan buta terhadap Perjanjian Lama atau sabda Nabi Isa ‘alaihis salam.

*Satu,* pikiran manusia yang kecil tidak dapat memahami sifat Allah subhanahu wata’ala dan tidak dapat menggambarkannya dengan baik.

Al Azim Artinya Maha Agung, Ketahui Bukti Kebesaran Nya

*Ketiga,* Jejak-jejak Allah subhanahu wata’ala terlihat jelas pada apa yang menimpa kita, bumi dan langit. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa alam semesta berjalan dengan lancar dan segala sesuatunya diatur dengan sempurna sehingga ada yang mampu memperbaikinya, yaitu Allah subhanahu wata’ala.

Keempat, * Perkataan yang benar tentang Tuhan hendaknya berasal dari kitab suci, bukan dari filsafat dan pendapat manusia. Wallahu a’lam

Oleh: Hayat Abdul Latief Zuhud tidak anti sekuler. Dunia bukanlah sebuah perjalanan, namun sebuah cara untuk memberikan kehidupan akhirat. Praktisi pertapa mungkin adalah mereka yang…

Baca Juga  Sebutkan Dua Bentuk Getaran Molekul Udara

Alhamdulillah, ibadah haji ke Banten berhasil diselesaikan pada Jumat, 3 Maret 2022. Jamaah Umi Hj berjumlah 116 orang. Siti Majadi, apa…

Arti Allah Maha Esa Dalam Asmaul Husna Dan Al Ikhlas

Zamzam (bahasa Arab: زمزم yang berarti kelimpahan, kelimpahan) adalah air yang dianggap suci oleh umat Islam. Ada sumur Zamzam di daerah ini…

Sudah menjadi fakta lama bahwa pembaca akan bingung dengan keterbacaan suatu halaman ketika melihat tata letaknya. Tujuan penggunaan Lorem Ipsum adalah untuk memperoleh.1. Kata شَجَرَةٍ dan البَحرُ yang digunakan dalam ayat ini merupakan gambaran akal yang menguasai pikiran manusia untuk menunjukkan kemahaluasan dan keluasan ilmu Allah SWT.

2. Walaupun pohon-pohon dan batang-batang tanah dijadikan bulu dan tujuh lautan ditambah dengan laut yang ada sebagai sebuah huruf, namun manusia tidak dapat menuliskan seluruh firman dan Allah SWT.

3. Firman Tuhan adalah segala sesuatu yang diketahui-Nya, baik unik maupun berbeda, serta nikmat dan sifat-Nya. Jika seseorang ingin menulis semua perkataannya, menulis tidak akan pernah berhenti.

Allah Swt: Menurut Kitab Suci Dan Menurut Teori Filosofi

4. Manusia secara alamiah haus jika dijadikan akal. Mengejar ilmu adalah sesuatu yang sangat dianjurkan dalam Islam.

5. Sekeras apapun kita berusaha mengetahui rahasia dan ilmunya, kita tidak akan pernah bisa mengetahui semua informasi yang ada karena otak manusia mempunyai batas dan keterbatasannya.

6. Meski kita tidak bisa membaca semua buku yang ada di perpustakaan, pelajarilah ilmu Tuhan yang tiada batasnya.

Bayangkan jika kita memasukkan jari kita ke dalam air laut dan setetes air pun jatuh, inilah satu-satunya pengalaman yang kita miliki. Gambaran ini menunjukkan kepada kita bahwa kita tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kekayaan ilmu Allah SWT.

Sifat Wajib Allah Swt Dan Artinya Lengkap Dengan Dalilnya

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia tidak terbatas, doa yang tidak dikabulkan allah, doa rasulullah yang tidak dikabulkan allah, kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sholat yang tidak diterima allah, dosa yang tidak diampuni allah, kelangkaan dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas, dosa yang tidak diampuni oleh allah swt, taubat yang tidak diterima allah, kekuasaan allah tidak ada yang, dosa yang tidak diampuni allah swt