Ponorogo

263 ABG Hamil Diluar Nikah

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Kasus anak hamil di luar nikah cukup banyak di Ponorogo. Setahun lalu, tercatat ada 263 pemohon dispensasi menikah di Pengadilan Agama (PA) Ponorogo. Sebagian besar dengan alasan hamil di luar nikah.

Humas PA Ponorogo Misnan Maulana pemohon dispensasi nikah didominasi dari pihak perempuan dengan latar pendidikan terakhir SMP dan SMA. Sedangkan pihak laki-laki memiliki latar pendidikan terakhir beragam. ‘’Akibat pengaruh teknologi dan pergaulan bebas. Di mana anak-anak bisa mengakses gambar atau video yang tidak senonoh. Dari situ mereka kepikiran untuk mencoba hal tersebut tanpa berpikir akibatnya,’’ terangnya, Sabtu (6/2)

Dalam persidangan, lanjut dia, orang tua atau wali yang paling banyak dicecar pertanyaan oleh hakim. Karena mereka yang paling bertanggung jawab atas kasus pernikahan dini. Majelis hakim bisa mempertimbangkan asas manfaat dan mudarat dari permohonan yang diajukan. ‘’Jika sifatnya sebagai solusi untuk kemaslahatan keluarga, maka asas manfaatlah yang akan diambil. Namun jika sifatnya darurat untuk mendapatkan kepastian (legalisasi), maka asas mudarat yang akan diambil,’’ jelas Misnan. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button