Madiun

26 Pemandu Lagu Negatif Korona dan HIV

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pendekar Waras melanjutkan monitoring ke sejumlah tempat hiburan malam (THM). Senin malam (20/7), petugas gabungan itu kembali mendatangi XQ Executive Lounge and Karaoke, Blue Flame Karaoke, Red Cafe Serayu, dan New Castle.

Pendekar Waras memberikan saran dan masukan terkait protokol kesehatan yang harus dilengkapi. Mulai sarana-prasarana hingga mekanisme pelayanan. ‘’Ini memang untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun Agus Purwowidagdo.

Pendekar Waras juga melakukan skrining kesehatan kepada seluruh karyawan dan pemandu lagu (PL) di empat THM. Skrining berupa rapid test antibody dan tes human immunodeficiency virus (HIV). Dari enam PL yang menjalani tes cepat dan 20 PL tes HIV, seluruhnya dinyatakan negatif. ‘’Kesehatan setiap pelaku usaha hiburan ini dalam pantauan ketat,’’ ujarnya.

Dari monitoring berlapis ini Pendekar Waras bakal melakukan evaluasi. Jika memang dinyatakan telah memenuhi standar protokol kesehatan, THM diizinkan membuka usahanya kembali. Jika belum, pengusaha THM wajib melengkapi setiap kekurangan dari hasil evaluasi Pendekar Waras. ‘’Jika sudah sesuai SOP, mereka (pelaku usaha THM, Red) diperbolehkan membuka THM,’’ tuturnya.

Agus berharap, setelah THM kelak dibuka kembali tidak menjadi klaster baru persebaran Covid-19. Apalagi saat ini sebaran kasus baru dapat ditekan dan Kota Madiun telah dinyatakan sebagai zona zona hijau oleh Pemprov Jatim. ‘’Jangan sampai kegiatan usaha pariwisata ini bisa menyebarkan virus korona. Makanya kita rapid test serta tes HIV,’’ terangnya.

Sampai saat ini sudah delapan THM yang dimonitoring. Dua hari sebelumnya, Pendekar Waras bergerak menyasar empat THM. Yakni, Inul Vista Madiun, Sakura, JLO Karaoke, dan Fire Club Discotique. Di luar itu, masih ada 13 THM lain yang akan dimonitor secara berjenjang hingga Sabtu mendatang (25/7). ‘’Kami peringatkan seluruh THM untuk mematuhi protokol kesehatan,’’ tegasnya. (kid/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close