Advertorial

22 Ahli Waris Terima Beasiswa

Satu Kartu BPJamsostek Banyak Manfaat

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Di tengah kedukaannya, 22 ahli waris pekerja bukan penerima upah bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, mereka memperoleh santunan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Madiun. Tidak hanya itu, anak dari peserta BPJamsostek yang meninggal dunia juga menerima beasiswa pendidikan. ‘’Kamis (17/6) sore ini kami menyerahkan secara simbolis beasiswa untuk lima anak dari peserta yang meninggal dunia. Dari tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi,’’ ujar Kepala Cabang BPJamsostek Madiun Honggy Dwinanda Hariawan, kemarin.

Honggy menjelaskan, 22 ahli waris ini berasal dari dua daerah. Yakni 13 ahli waris dari Kota Madiun dan 9 lainnya dari Kabupaten Madiun. Sebelum meninggal dunia, para pekerja ini telah terdaftar sebagai peserta BPJamsostek. ‘’Tidak hanya santunan, ahli waris ini berhak menerima manfaat beasiswa maksimal untuk dua anak. Beasiswa ini dibayarkan per tahun,’’ jelasnya.

Saat ini empat program jaminan sosial yang disediakan BPJamsostek. Terdiri dari Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Pensiun. Untuk pekerja bukan penerima upah terdapat dua program jaminan. Yakni jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian. Pun manfaat dari program jaminan kematian tersebut ahli waris berhak menerima beasiswa pendidikan. Manfaat tunai besarnya Rp 42 juta diberikan kepada ahli waris ketika pemegang kartu BPKJamsostek meninggal. ‘’Peserta yang meninggalkan anak maka anak tersebut berhak mendapatkan manfaat tambahan ini,’’ tutur Direktur keuangan BP Jamsostek Asep Rahmat Suwandha.

Sementara itu, Dyah Rofi Anggraini salah seorang penerima beasiswa mengaku sangat bersyukur dan terharu saat menerima salah satu manfaat dari program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK). Salah satu siswi SMAN 1 Jiwan ini telah menerima bantuan beasiswa senilai tiga juta rupiah setiap tahun. ”Alhamdulillah saya mendapat kesempatan menerima bantuan pendidikan ini semoga bisa bermanfaat untuk meraih masa depan,” katanya. (ti4/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button