Pacitan

2022, Pacitan Tambah Satu Desa Baru

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pacitan bakal bertambah satu desa baru. Desa Ketro segera dimekarkan menjadi dua kewilayahan. Yakni, Ketro dan Ketroharjo. Ditargetkan pemisahan dua desa itu tuntas tahun depan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pacitan Sanyoto mengatakan, proses pemekaran desa telah memasuki tahap evaluasi di pemerintah provinsi. Masuk semester dua, tinggal satu semester tambahan kajian dari pemkab. ‘’Ketroharjo itu statusnya sudah desa persiapan. Di sana sudah ada perangkat desanya walaupun rangkap jabatan dengan Desa Ketro,’’ ujarnya, Senin (27/9).

Sanyoto berharap pemekaran desa kian mendekatkan layanan masyarakat. Terlebih, desa tersebut tersusun dari 11 dusun dengan 56 RT dan 26 RW. Jumlah penduduknya sekitar 9 ribu jiwa. Luas wilayah 1.876 hektare. Sehingga butuh berkilometer jalan yang harus ditempuh warga untuk mendapat pelayanan desa. ‘’Nanti pemecahannya tinggal menyesuaikan wilayahnya. Sekaligus mempercepat pembangunan desa karena cakupannya menjadi lebih kecil,’’ tuturnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button