News

2 Prinsip Islam Dalam Menerima Tradisi Dari Luar Islam

×

2 Prinsip Islam Dalam Menerima Tradisi Dari Luar Islam

Share this article

2 Prinsip Islam Dalam Menerima Tradisi Dari Luar Islam – 2 MUQODDIMAH 1 Dalam Islam, semua perbuatan manusia diatur untuk memenuhi kebutuhan hidup; 2 Islam juga mengatur konsumsi yang merugikan manusia; 3 Terkandung dalam Al-Qur’an dan hadits; Tujuan: Rahmat dan kebahagiaan hidup; Agus Alwani 13/05/2012

1 Islam memandang bumi sebagai amanah dari Tuhan kepada khalifah untuk kesejahteraannya; 2 Salah satu kegunaannya adalah kegiatan ekonomi, khususnya konsumsi; 3 Ada beberapa sumber: (1) Al-Qur’an dan As-Sunnah, (2) Hadits; Agus Alwani 13.5.2012

2 Prinsip Islam Dalam Menerima Tradisi Dari Luar Islam

“Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebihan” (“Qur’an” 7:31). Abu Said al-Khudri berkata: Ketika kami bepergian dengan Nabi, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian, seseorang tiba-tiba datang dan melihat dari kanan ke kiri seolah-olah dia sedang menunggu bantuan makanan. Nabi berkata: “Dia yang memiliki kelebihan makanan harus membantu mereka yang tidak memilikinya.” (Hadits) Agus Alwani 13/05/2012

Asah, Asih, Asuh (sebuah Prinsip Pendidikan)

Sumber Ijtihad Menurut Manan “Teori dan Praktek Ekonomi Islam”, ada 4 sumber: (1) Al-Qur’an, (2) as-Sunnah, (3) Ijma, (4) Qiyas, (5) Ijtihad. Termasuk teori konsumsi. Agus Albani 13/5/2012

1 Islam itu unik dalam hal hukum Islam; karakteristik: (1) komprehensif, (2) universal; 2 muamalah memiliki 3 unsur: (1) politik, (2) sosial, (3) ekonomi; ekonomi: (1) konsumsi, (2) Tabungan, (3) Investasi; 3 Islam mengajarkan pola pengeluaran yang sedang, tidak berlebihan dan keterlaluan; Al-Qur’an melarang: tabdzir dan ishraf; Agus Alwani 13/05/2012

1 Menurut profesor. Ph.D.Sc. Abdul Mannan, “Tatanan Islam tentang konsumsi diatur oleh lima prinsip: 2 (1) prinsip keadilan, (2) kemurnian, (3) moderasi, (4) kedermawanan, (5) moralitas 3 Menurut Prof. Dr. Manan, aturan pertama tentang konsumsi teks yang terkandung dalam Alquran; Agus Alwani 13/05/2012

8 “Wahai manusia, makanlah makanan yang halal dan baik dari bumi dan janganlah mengikuti jejak setan, karena sesungguhnya setan adalah musuhmu yang sesungguhnya” (QS. 2:168) Agus Arwani 13/05/2012

Presenter Tv Perempuan Di Afganistan Mengenakan Cadar

1 memiliki 2 makna: (1) urgensi mencari makanan halal, (2) diharamkan oleh Islam; 2 syarat: (1) makanan harus enak/layak dimakan, (2) tidak menjijikkan, (3) bermanfaat; 3 Ketiga. prinsipnya moderasi Agus Arwani 13/05/2012

10 1 Prinsip kemurahan hati: (1) Mematuhi hukum Syariah, (2) Makan dan makan tanpa dosa atau bahaya. 2 “Kamu boleh berburu bintang laut dan makanan dari laut secara halal untuk makanan yang enak baik untuk dirimu sendiri maupun untuk orang yang di jalan” (QS. 5: 96) 3 Prinsip moral. Ini lebih berkaitan dengan tujuan konsumsi, yaitu untuk meningkatkan kemajuan nilai-nilai moral dan spiritual. Agus Albani 13/5/2012

Baca Juga  Kunci Jawaban Prakarya Kls 7

“Mereka bertanya kepadamu (Nabi) tentang berjudi dan berjudi. Katakanlah, keduanya memiliki keburukan yang besar dan sebagian kebaikan bagi umat manusia, namun keduanya lebih banyak keburukannya dari pada kebaikan…” (QS. 2:219) Agus Arwani 13/05/2012

Dalam hal konsumsi, Islam tidak menganjurkan pemanjaan tanpa batas; kebutuhan manusia meliputi: (1) kebutuhan, (2) kesenangan, (3) kemewahan; Islam menganjurkan moderasi dan kesederhanaan; Agus Albani 13/05/2012

Pesan Toleransi Dari Margasari

1 Ada dua jenis konsumsi: (1) Memuaskan kebutuhan duniawi dan keluarga (orientasi imbalan) 2 (2) Motivasi akhirat (eskatologis). Agus Albani 13/5/2012

Ada 2 kriteria (dianut oleh Dr. Yusuf Qordlowi): (1) Rabbaniyah Ghayah (tujuan), (2) Wijhah (sudut pandang); 2 Rabbaniyah Ghayah: Tujuan menjaga hubungan baik dengan Allah dan mendapatkan ridha-Nya (tulus pengabdian) ); 3 “Wahai manusia, kamu memang telah mengabdi kepada Tuhanmu dengan tekun, maka kamu pasti akan bertemu dengannya” (“Mazmur Tua” 84:6). Agus Albani 13/5/2012

Patokan kedua adalah Rabbaniyah Masdar (sumber hukum) dan manhaj (sistem); 2 adalah suatu sistem yang dirancang untuk mencapai standar tertinggi dari (1) maksud dan tujuan yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah; 3 aksioma unitarisme membentuk dimensi vertikal A yang menggabungkan aspek politik, ekonomi, sosial dan agama; Agus Albani 13/05/2012

Tauhid memiliki fungsi integratif, hubungan antara manusia dengan Tuhan; “Katakan: Apakah ada orang di antara sekutu Anda yang menunjukkan kebenaran? Anda berkata, Allah membimbing kita ke kebenaran”; Agus Alwani 13/05/2012.

Jawa, Islam Dan Nusantara: Memposisikan Agama Dalam Keragaman Budaya

Ini adalah dasar moralitas Islam; ‘adil berarti keseimbangan, kebalikan dari al-jaur, adz-dzulm; memiliki 4 arti: (1) keadaan seimbang, (2) kesetaraan dan interpretasi dari segala bentuk diskriminasi; argus Alwani 13/05/2012

(3) Menghormati hak-hak individu dan memberikannya kepada setiap orang yang berhak atasnya, (4) Menjaga kelangsungan hidup (keadilan Tuhan). – keadilan: hukum nyata dengan kenyataan; – kata ‘adl dapat diartikan sebagai keseimbangan (equilibrium) & kesetimbangan (equilibrium) (Kursyid Ahmad); – konsep adl dalam Islam adalah keadilan ilahi; Agus al-Wani 13/05/2012

Menurut Kurshid, tradisi Barat juga berpendapat bahwa moralitas tetap penting. – Moralitas Barat berfokus pada prinsip ketersediaan, kesepakatan, dan konsensus; – Dalam Islam, moralitas didasarkan pada nilai-nilai absolut yang diwahyukan oleh Allah dan penerimaan nilai-nilai tersebut; – Menurut Al-Qur’an, salah satu wujud keadilan adalah kesejahteraan; – Keadilan membuat saleh, kesalehan membuat kemakmuran; Agus Alwani 13/05/2012

Manusia adalah makhluk yang berkehendak; – Rakyat tidak dapat memisahkan diri dari kader dan kader yang berlandaskan ilmu dan kehendak Tuhan; – Posisi Al-Qur’an pada hati nurani manusia: kebebasan dan kemerdekaan; “Sesungguhnya Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat” (Qur’an 37:96).Agus Albani 13/5/2012

Baca Juga  Peristiwa Atau Objek Apakah Yang Nampak Pada Kedua Gambar Diatas

Mengenal Klasifikasi Ilmu Dalam Islam

Etika kehendak bebas adalah tanggung jawab; adalah hubungan logis yang ada menurut kehendak bebas; “Barangsiapa yang berbuat baik kepada Allah pasti akan melihatnya (balasan)” (QS. 99:7). Agus Albani 13/5/2012

Ciri-ciri etika Islam: menekankan hubungan antara manusia dengan Allah, alam dan masyarakat; dalam hal konsumsi, manusia dikaruniai kebebasan, namun dalam kebebasan harus berpegang pada etika konsumsi yang diatur oleh Islam; Etika konsumsi Islami: merujuk pada landasan “halal thoyyiba” dan “sederhana”. Agus Albani 13/5/2012

24 Halal (5) 1 adalah salah satu kendala untuk memaksimalkan utilitas manusia; 2 Halal: salah satu hambatan untuk memaksimalkan penggunaan konsumsi dalam ekonomi Islam; 3 Barang konsumsi halal adalah prediksi kerusakan yang disebabkan oleh barang konsumsi tersebut; Agus · Albany 13/05/2012

25 Halal (5) Contoh: Larangan kamera adalah harapan yang diciptakan oleh konsumen (fisik dan mental) dan lainnya” Agus Arwani 13/05/2012

Islam Nusantara, Produk Lama Yang Masih Relevan Pada Zaman Internet

Kesederhanaan (6) – merupakan salah satu etika konsumen yang penting dalam ekonomi Islam; – kata “sederhana” mengacu pada cara konsumsi tengah; – jalan tengah antara “pemahaman materialistis dan asketisme” – dalam hal konsumsi, agar tidak boros dan kikir (QS. 25:67); – Menurut Mascawai, ada beberapa sifat sederhana: (1) rasa malu, (2) kemampuan mengendalikan nafsu/keinginan, (3) kedermawanan, (4) rasa puas (tidak berlebihan), (5) tidak kikir, (6) berakhlak mulia perilaku. Agus Albani 13/5/2012

27 Sederhana (6) Keterbatasan ini melibatkan asumsi bahwa pada dasarnya setiap orang berhak atas kehidupan yang nyaman; bahwa dalam memenuhi kebutuhan kemewahan harus memperhatikan keadaan masyarakat sekitar; jika masyarakat setempat memiliki taraf hidup yang rendah, penggunaan produk-produk mewah; Agus Albani 13/05/2012

Islam mengajak manusia untuk menjalani tahapan-tahapan kehidupan; ada dua fase: (1) duniawi, (2) akhirat; Islam menganjurkan bahwa jika seseorang mengkonsumsi dia harus memiliki nilai duniawi dan akhirat; Agus Alwani 13/05/2012

Dari sudut pandang sosiologis, manusia memiliki aspek personal dan sosial; aspek sosial juga harus diperhatikan untuk menghindari ketimpangan; menurut Djazuli dapat dibagi menjadi beberapa dimensi waktu : Agus Arwani 13/05 / 2012

Hukum Sumpah Pocong Dan Mubahalah Dalam Islam

1 masa hidup di dalam rahim ibu (t 1 ); 2 waktu dari lahir sampai mati (t 2 ); negara berkembang +_ 50 tahun, negara maju +_ 74 tahun, rata-rata = 62 tahun 3 waktu penguburan ( t 3 ); kehidupan setelah waktu kematian ( t 4 ); Agus Alwani 13/05/2012

Baca Juga  Cara Preventif Untuk Mencegah Terjadinya Suatu Konflik Adalah

Mereka berbisik, “Usia hidup Anda (di dunia ini) hanya sepuluh hari.” Kami lebih tahu apa yang mereka bicarakan ketika yang paling benar dari semua mengatakan: Anda hanya memiliki satu hari untuk hidup (di dunia)” Kepastian waktu hidup (t3) dan (t4) tidak dapat diketahui Agus Arwani 05 / 13 / 2012.

Dengan demikian, perjalanan manusia (t) menjadi: t = t1 + t2 + t3 + t4, yang dapat diringkas menjadi dua: (1) kehidupan sebelum kematian, t1 dan t2, dan (2) kehidupan setelah kematian, t3 dan t2. t4. Agus Albani 13/5/2012

Umat ​​Islam akan melakukan konsumsi terkait dengan pencapaian kebahagiaan duniawi dan ukrowi dalam konteks sosial dan pribadi; prof. Ph.D.Sc. Fahim Khan menggambarkannya dengan dua keranjang: (1) penuh dengan kebutuhan duniawi, (2) penuh dengan amalan baik, misal: ZIS (belanja karena Allah). Sehubungan dengan ekonomi, itu harus seimbang; Agus Albani 13/05/2012

Moderasi Beragama Vs Islam Kaffah

Y (belanjakan di jalan Allah) Y = penghasilan yang dibelanjakan di jalan Allah; X = penghasilan untuk kebutuhan duniawi; permintaan barang dan jasa yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan duniawi harus memperhatikan kebutuhan akhirat (urusan Allah), begitu pula sebaliknya. Y2 Y1 X X2 X (Kebutuhan Duniawi) Agus Arwani 13/05/2012

35 Ekonomi Tradisional: Permintaan konsumen tidak dapat meningkat pada titik mana pun di garis anggaran (garis X2 dan Y2), karena permintaan konsumen cenderung ke permintaan sekuler (X), yang akan menyebabkannya tidak dapat memenuhi kebutuhan kehidupan selanjutnya; sebaliknya, jika konsumsi Kebutuhan salah satu yang dengan mudah menjurus pada kebutuhan yang lain (Y) juga tidak diperbolehkan; Agus Albani 13/05/2012

36 Umat manusia tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk bekerja/beribadah karena kebutuhan dasar manusia akan terabaikan; Islam tidak membatasi jumlah pendapatan yang harus dikeluarkan untuk kepentingan akhirat, tetapi Islam menganjurkan perbuatan baik; “Hai orang-orang yang beriman, belanjakanlah (di jalan Allah) sebagian dari makanan yang kami berikan kepada kalian hingga tiba saatnya tidak ada lagi makanan.

Cara menerima transferan dari luar negeri, menerima kiriman uang dari luar negeri, menerima uang dari luar negeri, aplikasi untuk menerima uang dari luar negeri, aplikasi menerima uang dari luar negeri, cara menerima transfer uang dari luar negeri, menerima barang dari luar negeri, cara menerima uang dari luar negeri, menerima transfer uang dari luar negeri, menerima transfer dari luar negeri, cara menerima pembayaran dari luar negeri, cara menerima transfer dari luar negeri