Ngawi

198.158 Warga Ngawi Telah Divaksin

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Progres vaksinasi Covid-19 di Ngawi defisit 37,8 persen. Realisasi lima kategori sasaran baru 22,14 persen dari target 60 persen masyarakat yang diimunisasi per kemarin (12/8). Capaian tersebut setara 198.158 warga telah divaksin dosis satu hingga tiga dari total penduduk 896.768 jiwa. Artinya, masih ada ratusan ribu warga menunggu giliran disuntik serum antikorona.

Kasi Imun dan Surveilans Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ngawi Joko Marwanto belum dapat menyimpulkan memuaskan tidaknya capaian. Sebab, tidak ada data pembanding. Apalagi, tidak semua warga harus divaksin. Pembentukan herd immunity minimal 70 persen dari total penduduk. ‘’Untuk tahun ini masih pasang target 60 persen,’’ ujarnya, Jumat (13/8).

Penentuan target tidak sesuka hati dinkes. Melainkan mempertimbangkan jumlah tenaga kesehatan (nakes), anggaran vaksinasi, dan ketersediaan logistik. Ketiga faktor itu yang memengaruhi kecepatan pembentukan kekebalan kelompok. ‘’Yang jelas, kami sudah berusaha semaksimal mungkin,’’ ucapnya. (odi/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button