Advertorial

173 RTLH Terima Stimulan DAU

Huniannya Layak Penghuninya Produktif

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Bilangan rumah tidak layak huni (RTLH) di Magetan yang diperbaiki dengan dana alokasi umum (DAU) ratusan. Total 173 unit tersebar di 29 desa/kelurahan di 16 kecamatan.

Program itu dalam bentuk peningkatan kualitas rumah dan bangunan baru. ‘’Mulai kualitas atap, lantai, hingga dinding, untuk memenuhi syarat kesehatan, kenyamanan, dan keamanan,’’ kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Magetan Elmy Kuniarto.

Elmy menyebut, bantuan stimulan pembangunan baru sebesar Rp 35 juta dan peningkatan kualitas Rp 17,5 juta per unit. Dalam pelaksanaannya, warga didorong ikut gotong royong.

Langkah tersebut demi meningkatkan swadaya masyarakat terhadap biaya atau tenaga. ‘’Selain mengandalkan dana bantuan stimulan dari pemerintah, warga penerima diharuskan swadaya dalam pembangunannya,’’ tutur Elmy.

Dia berharap rumah layak huni membuat penghuninya lebih produktif. ‘’Semoga jumlah RTLH semakin berkurang. Sehingga, kesejahteraan masyarakat meningkat,’’ imbuhnya.

Di Desa Duyung, Takeran, ada 15 RTLH yang menerima bantuan. Kepala Desa Duyung Komari menyebut bahwa stimulan meringankan beban warganya yang tidak mampu. ‘’Saya atas nama pribadi dan pemdes mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Magetan. Semoga kelak bisa mendapat bantuan lagi karena masih banyak warga yang membutuhkan,’’ ucapnya. (ebo/fat/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button