Advertorial

15 Desa Sudah Tangguh Bencana

BPBD Ngawi Panen Prestasi

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Dengan lokasi geografis di pertemuan Kali Madiun dan Bengawan Solo, sejumlah wilayah Ngawi menjadi langganan banjir saat musim penghujan. Tidak salah jika BPBD setempat gencar membentuk desa tangguh bencana.

Saat ini di Ngawi sudah ada 15 desa tangguh bencana(destana) yang tersebar di delapan kecamatan. ‘’Selain banjir, 15 wilayah itu juga rawan bencana longsor, angin kencang, dan lainnya,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Ngawi Prila Yuda Putra Rabu (27/1).

Dengan status destana, kata dia, 15 desa itu mampu secara mandiri melakukan penanganan darurat kejadian bencana di desanya. Mulai evakuasi hingga pembuatan dapur umum. Pun, warga setempat telah mengikuti pelatihan dari BPBD dan BNPB. Ditambah adanya anggaran kebencanaan dari APBDes. ‘’Pak Bupati telah meminta BPBD menyalurkan bantuan perahu karet, pelampung, gergaji, dan HT (handy talky, Red) untuk 29 desa rawan bencana termasuk 15 destana itu,’’ papar Yuda.

Yang membanggakan, tiga desa mampu berprestasi di lomba destana se-Jawa Timur. Desa Simo meraih prestasi destana kategori utama pada 2016. Sedangkan Sriwedari kategori pratama (2017) dan Purwosari kategori madya (2019). ‘’Harapannya semua desa nantinya lebih siap menghadapi bencana,’’ tuturnya.

Selain gencar membentuk destana, Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono juga mewanti-wanti BPBD responsif terhadap bencana. Termasuk melakukan mitigasi lokasi rawan dan sosialisasi menghadapi kejadian bencana. Pun, koordinasi dengan BMKG, Jasa Tirta, penjaga pintu air Waduk Gajah Mungkur,Kali Madiun, dan lainnya. ‘’Kami mengecek prakiraan cuaca sampai debit air bengawan. Bila berpotensi bencana, kami lakukan persiapan tindakan,’’ tegas Yuda.

BPBD juga diminta segera mengirimkan tim reaksi cepat untuk melakukan pertolongan atau evakuasi warga saat kejadian bencana. Pun, tak jarang Kanang turun ke lapangan. ‘’Kami juga sering dibantu tim Basarnas Trenggalek, Paskhas TNI-AU, BPBD daerah tetangga, serta tim SAR dan belasan kelompok relawan,’’ pungkasnya. (odi/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close