Ponorogo

15.988 Hektare Lahan Pertanian di Ponorogo Belum Beririgasi

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Separo lebih dari 34.801 hektare total lahan pertanian di Ponorogo ternyata belum memiliki sumber irigasi. Dengan begitu, dibutuhkan 799 sumur dalam untuk mengairi seluruh lahan pertanian yang ada. ‘’Dengan asumsi satu sumur dalam mampu mengairi 20 hektare lahan,’’ kata Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Ponorogo Andi Susetyo, Sabtu (5/6).

Menurut hitung-hitungan Andi, kini sudah tertancap 386 pompa sumur dalam di area pertanian. Ada kekurangan 413 sumber air tanah dalam itu. Pihaknya tahun ini menganggarkan pembangunan 25 sumur dari sumber air tanah dalam. Pengeboran tanah bakal dilakukan hingga kedalaman 90 meter. Prioritasnya masih di lahan pertanian yang berada di dataran rendah. ‘’Memenuhi kekurangan kebutuhan sumur air dalam akan dilakukan bertahap,’’ ujarnya.

Andi sempat memerinci ada 15.988 hektare lahan pertanian belum memiliki saluran irigasi. Kebutuhan air untuk olah tanaman selama ini mengandalkan air hujan. Di sisi lain, pihaknya juga berharap kebutuhan irigasi 5.227 hektare sawah bakal terpenuhi setelah Waduk Bendo rampung dibangun. ‘’Dampak akhirnya pada peningkatan produktivitas usaha tani dan pendapatan petani,’’ tuturnya. (mg5/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button