Ngawi

15.704 Pelancong Piknik ke Ngawi Selama Libur Hari Raya

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Animo warga untuk berwisata ke Ngawi menggeliat selama libur Lebaran lalu. Pemkab mencatat kunjungan 15.704 wisatawan di 21 destinasi wisata pada Sabtu (15/5) dan Minggu lalu (16/5). Angka itu menjadi puncak pelancong terbanyak sejak bisnis pelesiran dihajar pandemi Covid-19 Maret tahun lalu.

Kendati demikian, besarannya masih jauh bila disandingkan libur Lebaran sebelum pandemi. ‘’Rata-rata persentase kunjungan wisatawan 30 persen dari kapasitas normalnya. Terkecil 2,8 persen dan tertinggi 57 persen,’’ kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Ngawi Raden Rudi Sulisdiana, Rabu (19/5).

Water park menjadi lokasi jujukan populer wisatawan. Kondisi berbeda pada wisata kebun teh Jamus, Ngrambe, dan Srambang Park, Jogorogo. Dari total kapasitas mencapai 45 ribu, kedua wisata alam itu hanya dikunjungi 4.488 orang.

Kondisi Taman Wisata Tawun dan Museum Trinil juga sepi. Dua wisata yang dikelola pemkab itu dikunjungi 1.900 dan 463 orang. Terpaut jauh dari kapasitas masing-masing 10 ribu dan 9 ribu. ‘’Karena penyekatan berdampak pada tingkat kunjungan,’’ ujarnya. (sae/c1/cor/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button