Advertorial

1,47 Juta Nakes akan Terima Vaksin Dosis Ketiga

JAKARTA, Jawa Pos Radar Madiun – Kebijkan strategis ditempuh pemerintah dalam penanganan Covid-19. Salah satunya adalah penyuntikan dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes). ‘’Sesuai arahan presiden, bahwa vaksinasi ketiga ini merupakan booster untuk tenaga kesehatan. Nantinya akan segera diatus oleh kementerian kesehatan,’’ kata Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto, Jumat (9/7).

Pihaknya tak menampik nakes merupakan garda terdepan penanangan Covid-19. Bahkan, beberapa di antara mereka telah banyak yang terinfeksi. Karena itu, menurut Airlangga, pemerintah perlu mengambil langkah untuk melindungi para nakes dengan melakukan vaksinasi dosis ketiga pekan depan. ‘’Diharapkan booster ini bisa dilakukan untuk 1,47 juta tenaga kesehatan,’’ harap Menko Perekonomian itu.

Di sisi lain, pemerintah juga memperluas pemberlakuan PPKM Darurat untuk 15 kabupaten/kota di luar Jawa-Bali. Meliputi Kota Tanjung Pinang, Singkawang, Padang Panjang, Balikpapan, Bandar Lampung, Pontianak, Sorong, Batam, Bontang, Bukittinggi, Padang, Mataram, dan Medan. Serta Kabupaten Manokwari dan Berau.

Airlangga memastikan pemerintah bakal menyiapkan bansos selama penerapan PPKM Darurat di daerah tersebut. Seperti bantuan 10 kg beras bagi 10 juta keluarga penerima manfaat PKH dan 10 juta penerima program bantuan sosial tunai (BST). ‘’Saat ini sedang dalam proses di Bulog dan di Kemenkeu,’’ terang Ketum Partai Golkar itu.

Selain itu, pemerintah juga menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 1,2 juta untuk 3 juta usaha mikro di daerah yang memberlakukan PPKM Darurat. Adapun bantuan yang digelontorkan itu telah masuk dalam alokasi pemulihan ekonomi nasional. (don/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button