features

12 Tahun Oky Fardiyano Hobi Mengoleksi Mobil Klasik

Mobil-mobil antik itu ditebus dari Bandung sampai Aceh. Onderdilnya pun harus dibeli dari luar negeri. Meski harus merogoh kocek dalam-dalam, Oky Fardiyano menemukan kepuasan dari mengoleksi mobil klasik sejak 2009 lalu.

ERIC WIBOWO, Jawa Pos Radar Magetan

EMPAT mobil tua berjejer rapi di halaman sebuah rumah Jalan Karya Darma, Magetan. Salah satunya, Fiat Topolino berkelir biru tua. Mobil produksi Italia itu usianya jauh lebih tua dari si pemilik. Oky Fardiyano, si empunya mobil, dengan bangga mengklaim mobilnya itu sebagai salah satu mobil langka. ‘’Fiat Topolino yang saya miliki keluaran 1949,’’ ujarnya.

Oky hobi mengoleksi mobil klasik sejak 2009. Warga Desa Ringinagung, Kecamatan Magetan, itu memiliki lebih dari enam unit mobil klasik. Selain Fiat Topolino, Oky juga memiliki dua mobil Mercedes Benz, Peugeot 404, Ford Consul, hingga Opel Kapitan. Dia juga mengoleksi sepeda motor tua seperti Honda Eve Pack 50 CC. ‘’Konon cuma ada tiga unit di Indonesia,’’ ungkapnya.

Siapa sangka, sederet mobil tua itu didapat Oky dari Bandung, Batam, hingga Aceh. Onderdilnya pun harus dicari sampai luar negeri. ‘’Ada mobil yang saya dapatkan seharga puluhan juta. Tapi, untuk merestorasi, keluar biaya sampai ratusan juta,’’ terangnya.

Pun, restorasi yang dilakukan juga tak sebentar. Bisa berbulan-bulan hingga tiga tahun lamanya. Meski begitu, Oky menemukan kepuasan tersendiri. Terutama ketika ada sesama kolektor mobil antik yang menilai tinggi koleksinya. ‘’Nilai seni mobil antik itu sangat tinggi. Pun, tidak semua orang bisa memiliki,’’ pungkasnya. *(naz/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button