Ponorogo

10 Orang Nakes di Ponorogo Positif Covid-19 setelah Divaksin Pertama

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sebanyak 10 tenaga kesehatan (nakes) di Ponorogo terpapar Covid-19 sekalipun sudah divaksinasi pertama. Pihak dinas kesehatan (dinkes) setempat menduga mereka terinfeksi korona sebelum divaksin. ‘’Terkonfirmasi 1 Februari. Sedangkan vaksinasi nakes dilaksanakan antara 27 sampai 29 Februari. Saya berasumsi mereka terpapar sebelum menerima vaksinasi,’’ kata Kepala Dinkes Ponorogo dr Rahayu Kusdarini, Jumat (12/2).

Menurut dia, antibodi terbentuk sekitar 12 hari setelah seseorang mendapatkan suntikan vaksin. Besar kemungkinan kesepuluh nakes itu sudah terpapar virus saat menjalani vaksinasi. Pun, tertular setelah disuntik vaksin Sinovac itu karena antibodi memang belum terbentuk maksimal. ‘’Gejala muncul tiga sampai lima hari ketika seseorang terpapar Covid-19,’’ jelas pejabat yang akrab disapa Irin tersebut.

Dia sempat menyebut ada lima nakes lainnya yang juga terpapar Covid-19. Namun, kelimanya yang bekerja di lingkup kantor dinkes itu belum menerima vaksin. Risiko pekerjaan harus diterima para nakes kendati sudah berupaya menegakkan protokol kesehatan. ‘’Mereka harus bertemu banyak orang yang mayoritas pasien dengan beragam penyakit,’’ ungkapnya. (mg4/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button