Madiun

1.355 Orang Cari Kerja Lewat Si Caker

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pandemi Covid-19 berdampak pada naiknya angka pengangguran di Kota Madiun. Pasalnya, banyak perusahaan yang merugi hingga akhirnya merumahkan para karyawan. ‘’Angka pengangguran tahun ini sampai bulan Agustus diperkirakan naik sekitar 5 persen dibanding tahun lalu,’’ kata Kasi Perencanaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun Hengky Wahyu Setyo Wibowo, Selasa (7/9).

Kendati demikian, Hengky mengklaim pihaknya telah berupaya menekan angka pengangguran. Misalnya dengan meluncurkan Si Caker. Itu merupakan website penyedia lowongan kerja. ‘’Di sana juga ada informasi pelatihan yang diadakan disnaker,’’ ungkapnya.

Ada 90 perusahaan yang include dalam Si Caker. Terhitung sejak Maret–Agustus lalu telah terdapat 1.355 pendaftar di 35 lowongan pekerjaan yang tersedia. ‘’Untuk pelamar yang telah diterima ada 10 lamaran. Sedangkan, total pengunjungnya ada 27.697 visitors pada tahun ini,’’ terang Hengky.

Cara registrasi Si Caker cukup mudah. Syaratnya hanya mengajukan kartu kuning/AK I disertai kepemilikan akun email, kartu keluarga, KTP dan berusia 15–64 tahun. ‘’Nanti prosesnya akan dilakukan verifikasi guna menghindari kasus penipuan,’’ pungkas Hengky. (tr1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button