Ponorogo

1.146 Pelamar CPNS Ponorogo Tidak Memenuhi Syarat

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Peluang ribuan pelamar calon pegawai negeri sipili (CPNS) Pemkab Ponorogo menjadi abdi negara tertutup. Karena berkas pendaftaran yang mereka ajukan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) administrasi oleh panitia seleksi daerah (panselda).

Dari 9.285 pendaftar CPNS, yang berkasnya TMS ada sebanyak 1.146 pelamar. Mereka yang tidak lolos seleksi administrasi disebabkan sejumlah faktor. ‘’Paling banyak karena dokumen yang diunggah tidak terbaca,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Winarko Arief Selasa (17/12).

Selain itu, kompetensi pendidikan para pelamar CPNS tidak sesuai dengan kebutuhan formasi. Kendati demikian, panselda tetap memberikan kelonggaran bagi pelamar CPNS untuk melakukan sanggahan secara online sampai dengan Kamis (19/12). ‘’Sekarang tidak bisa kami baca karena dikunci oleh pusat. Baru setelah tiga hari, dijawab satu per satu sanggahannya,’’ terang Winarko.

Bila sanggahan mereka dikabulkan setelah dilakukan verifikasi ulang, tentu bisa mengikuti tahapan seleksi CPNS selanjutnya. Namun, proses tersebut akan ditentukan oleh panselnas. ‘’Sampai kemarin sudah ada banyak sanggahan yang masuk. Tapi, baru bisa dijawab nanti setelah 19 Desember,’’ ujarnya.

Bagi mereka yang lolos seleksi administrasi, lanjut Winarko, akan mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) antara Januari–Februari 2020. Khusus Ponorogo, pelaksanaan tes itu dilangsungkan bersama dengan pelamar CPNS dari Pemkab Pacitan di Unmuh Ponorogo. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button