Yuk ke Pantai Watu Bale yang Unik

332

PACITAN – Berwisata di Pacitan tak pernah membosankan. Berada di tepi Samudra Indonesia, daerah berjuluk Kota 1001 Gua itu memiliki puluhan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya Pantai Klayar, Gua Gong, Pantai Watukarung, dan pemandian air hangat, Pacitan juga memiliki objek wisata unik yakni Pantai Watu Bale.

Meski disebut pantai, sejatinya Watu Bale jauh dari hamparan pasir halus seperti pantai pada umumnya. Berlokasi di Desa Jetak, Tulakan, pantai ini merupakan gugusan karang yang menjorok ke lautan. Uniknya, di sana terdapat bale (balai) berupa karang di tengah laut yang berbentuk datar seperti altar. ‘’Paling cocok foto di sini dengan latar belakang batu besar itu,’’ kata Risti, salah seorang pengunjung.

Lantaran berbeda dengan destinasi lainnya, Watu Bale memiliki daya pikat tersendiri. Lebar dan panjang menjorok ke tengah laut, pengelolanya juga menyediakan spot foto. Dari sudut tertentu foto serasa melayang di tengah laut. Di sana terlihat jelas pemandangan Samudra Indonesia dari ketinggian. ‘’Anginnya juga sejuk. Walaupun panas tapi ada gazebo kecil, jadi asyik berlama-lama di sini,’’ ungkapnya.

Untuk menjangkau destinasi ini tergolong mudah. Berada di sisi Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan-Trenggalek. Watu Bale dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat. Dari pusat Pacitan kota hanya butuh waktu kurang dari 45 menit. Tak hanya Watu Bale, di sekitar lokasi juga terdapat beberapa pantai lain yang tak kalah indah. ‘’Saat masuk lokasi wisata pantai tadi juga ada pohon-pohonnya, jadi masih alami,’’ papar Risti. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here