Pacitan

Yudi Sumbogo Hengkang ke PDIP

Kembalikan KTA Demokrat, Ambisi Nyalon Bupati

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Selesai sudah karir politik Yudi Sumbogo di Demokrat. Rabu (2/9) wakil bupati (wabup) Pacitan itu memutuskan resmi hengkang ke PDIP. Manuver loncat partai menjelang pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati (bacabup-bacawabup) itu ditandai dengan pengembalian kartu tanda anggota (KTA) Partai Demokrat oleh Sumbogo.

Dia mengaku keputusan pindah partai sudah dipertimbangkan sebelumnya. Alasan yang diungkap karena faktor ideologis. Baginya, terasa berat meninggalkan Demokrat setelah enam tahun bergabung. Namun, harapannya ingin tetap mencalonkan diri sebagai bacabup dari Demokrat ternyata telah kandas. ‘’Saya akan melanjutkan pencalonan (bupati) bersama partai lain,’’ katanya kepada wartawan.

Sumbogo berharap keputusannya itu dapat diterima oleh rekannya di Demokrat. Sebab, dia merasa masih punya tanggung jawab untuk meneruskan estafet kepemimpinan Bupati Indartato. ‘’Saya tahu persis ada (capaian) tugas yang belum terselesaikan. Tentu saya akan berusaha melanjutkannya,’’ ujar mantan anggota DPRD periode 2014–2019 tersebut.

Setelah menyatakan keluar dari Demokrat, Sumbogo langsung berkoordinasi dengan DPC dan DPD PDIP. Dia berharap masih ada kesempatan baginya untuk macung dari PDIP sebagai bacabup dengan sisa waktu yang mepet. ‘’Kalau mendapatkan rekomendasi dari PDIP, saya akan melakukan tugas yang diberikan untuk memenangkan pilkada,’’ kata politisi 59 tahun itu.

Wakil Ketua II DPC Partai Demokrat Pacitan Teguh Wiyono menyesalkan keputusan Sumbogo loncat partai. Sebab, yang bersangkutan merupakan kader potensial. Namun, pihaknya tetap menghormati keputusan tersebut. ‘’Selama menjadi anggota partai (Demokrat), komunikasinya baik. Semoga apa yang menjadi pilihannya bisa berjalan lancar,’’ ucapnya. (gen/c1/her)

Tinggal Tunggu Keputusan PKB

TIDAK ada nama pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diumumkan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk Pilkada Pacitan Rabu (2/9). Namun, DPC PDIP Pacitan tidak gusar. Mereka sudah mendapatkan kandidat bakal calon bupati (bacabup). Tidak lain Yudi Sumbogo.

Rabu kemarin pria 59 tahun itu resmi dikenalkan ke publik sebagai kader banteng moncong putih. ‘’Pak Mbogo (sapaan Yudi Sumbogo, Red) ada niatan baik. Dia mundur dari Demokrat juga dengan baik-baik. Tentu akan kami dukung,’’ kata Ketua DPC PDIP Pacitan Eko Setyo Ranu.

Dia mengaku dukungan kepada Sumbogo sudah fixed. Pihaknya tinggal menunggu keputusan dari PKB untuk menentukan bakal calon wakil bupati (bacawabup) sebelum kemudian dimintakan rekomendasi ke DPP. ‘’Kami memang sedang berpacu dengan waktu. Karena tinggal menyisakan dua hari lagi sebelum pendaftaran,’’ ujar wakil ketua DPRD Pacitan tersebut.

Sampai berita ini ditulis, PKB belum memutuskan siapa kandidat bacawabup yang mereka dipilih. Berdasarkan alasan tersebut, PDIP juga belum berani mendeklarasikan diri. ‘’Saya belum bisa mengumumkan siapa wakilnya (bacawabup, Red). Kami menghormati PKB. Kami serahkan sepenuhnya ke mereka,’’ tuturnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close