AdvertorialPacitan

Wujudkan Digital Economy Ecosystem melalui RKB PLN

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – PT PLN (Persero) berkontribusi nyata dalam pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Pacitan. Salah satunya diwujudkan dengan diresmikannya Rumah Kreatif BUMN (RKB) PLN Pacitan Senin (21/10). RKB merupakan wadah data dan informasi edukasi, pengembangan, serta digitalisasi pelaku UMKM. Tujuannya, mewujudkan digital economy ecosystem.

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur A. Rasyid Naja mengatakan, pengembangan UMKM di RKB berkelanjutan. Di lokasi tersebut bakal digelar berbagai kegiatan workshop, knowledge sharing, dan seminar. Tidak menutup kemungkinan, pelaku UMKM sukses di Pacitan bakal digandeng. ‘’Di RKB PLN Pacitan ini mereka bisa sharing knowledge dengan para pemula,’’ ujarnya.

Para pelaku UMKM bakal diarahkan untuk pangsa pasar produknya. Bermodal pusat data dan informasi. Dengan berbagai manfaat tersebut, RKB PLN Pacitan diminati banyak pelaku UMKM. Saat diresmikan kemarin, sekitar 100 pelaku UMKM mendaftar. ‘’Kami persilakan mendaftar di Rumah Kreatif BUMN. Kami buka untuk umum, seluruh masyarakat,’’ katanya.

Di Jawa Timur, RKB juga ada di Kabupaten Sumenep dan Blitar. Sebagian RKB melibatkan BUMN lainnya. ‘’Tujuannya satu, pengembangan UMKM dari segi kompetensi, kapabilitas, dan lainnya,’’ tuturnya.

Bupati Pacitan Indartato menyambut baik keberadaan RKB PLN Pacitan. Selain meningkatkan kualitas produk, pangsa pasar UMKM lebih jelas. Sehingga, pendapatan pelaku UMKM meningkat. Bahkan, berujung munculnya lapangan kerja baru dan meningkatnya kesejahteraan warga Pacitan. ‘’Kami berterima kasih kepada PT PLN yang telah meresmikan rumah kreatif di Pacitan. Semoga UMKM bisa lebih maju di bawah bimbingan PT PLN,’’ harapnya.

Peresmian RKB PLN Pacitan juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pacitan Eny Setyowati, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pacitan Heru Sukresno, dan anggota DPRD Pacitan Widadi. RKB PLN Pacitan berdampingan dengan Kantor PLN ULP Pacitan di Jalan Ahmad Yani 94 Pacitan. (ti1/odi/c1/sat/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close