Wisata Tubing di Kali Banjeng Mulai Curi Perhatian Wisatawan

173

MAGETAN – Warga Magetan yang punya hobi river tubing tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Kini Bumi Ki Mageti memiliki wisata ngintir di sungai dengan ban tersebut. Lokasinya berada di Sungai Banjeng, Desa Tapen, Lembeyan.

Ketua Karang Taruna Desa Tapen Galih Anas Setiawan mengatakan wisata river tubing itu dibuka sekitar September 2018 lalu. Sejak itu masyarakat bisa menikmati sensasi ngintir menggunakan ban di sungai sedalam 70 sentimeter itu sejauh satu kilometer. Lama waktu ngintir sekitar 30 menit. ‘’Pengelolaannya bekerjasama dengan kelompok sadar wisata (pokdarwis),’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Magetan kemarin (2/2).

Setelah hampir empat bulan beroperasi, kata Galih, wisata river tubing Tapen mulai banyak dikunjungi pelancong. Beberapa di antaranya dari luar daerah. Hari Sabtu dan Minggu menjadi puncak kunjungan di luar peak season. Pihaknya menyediakan sekitar 20 ban, 15 pelampung dan helm untuk memfasilitasi para wisatawan. ‘’Hari biasa di luar weekend kami tidak beroperasi,’’ ujarnya.

Kendati demikian, wisata river tubing masih belum dilengkapi dengan fasilitas memadai. Hanya ada kamar mandi umum yang disediakan oleh pihak pengelola objek wisata. Belum ada rumah makan atau hanya sekadar warung di sekitar lokasi tersebut.

Galih mengaku masih menyiapkan konsep yang tepat untuk pengembangan wisata river tubing Tapen. Salah satunya dengan melakukan studi banding ke objek wisata Geni Langit. ‘’Kami ingin belajar dan mengetahui apa saja yang perlu ditambah untuk menunjang wisata tubing Tapen,’’ ungkapnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here