Wisata sembari Belajar Bertani Di Taman Teknologi Pertanian, Pringkuku

266

PACITAN – Selain  terkenal dengan objek wisata pantai dan gua, Kabupaten Pacitan juga punya destinasi wisata edukatif yang layak dikunjungi. Salah satunya Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Desa Ngadirejan, Pringkuku. Tempat budi daya pertanian, perkebunan, dan peternakan itu memiliki pemandangan elok yang cocok dikunjungi pelajar dan keluarga.

Dibangun di atas lahan seluas delapan hektare, TTP menyajikan berbagai jenis tanaman untuk dipelajari. Sayur-mayur, buah-buahan, hingga aneka tanaman hias dan bunga. Bagi pencinta ternak juga terdapat puluhan ekor sapi perah. Pengunjung dapat memberi makan atau sekadar mengelus hewan penghasil susu tersebut. ‘’Baru kali ini ke sini, ternyata bagus. Tempatnya sejuk karena banyak tumbuhan,’’ kata Putri, salah seorang pengunjung asal Pacitan.

Selain dapat menikmati hijaunya taman, para pengunjung bisa mengetahui proses produksi. Pun proses pengolahan kotoran sapi jadi biogas dapat dipelajari langsung di TTP. Selain wisatawan umum, para pelajar dari berbagai tingkat pendidikan juga banyak yang berkunjung. Untuk masuk taman, pengunjung tak dikenai biaya sepeser pun. ‘’Paling bagus taman bunga dan taman jeruknya. Tadi juga sempat beli biji bunga matahari untuk ditanam di rumah,’’ ungkapnya.

Objek wisata sekaligus sarana pembelajaran ini mudah dijangkau. Para pengunjung hanya perlu berkendara 20 menit dari pusat kota Pacitan. Lokasinya juga sejalur dengan objek wisata lain yakni Gua Gong dan Pantai Klayar. Pun berada di Jalan Raya Pacitan-Solo. Jalannya mulus. Waktu berkunjung pukul 07.00 hingga 16.00. ‘’Lumayan lengkap tumbuhannya. Lokasinya luas dan sejuk,’’ pungkasnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here