Watu Rumpuk Sabet Anugerah Wisata Jawa Timur 2018

61

MEJAYAN Wisata alam di Kabupaten Madiun sudah diakui publik Jawa Timur. Itu setelah dinas pariwisata pemuda dan olahraga (disparpora) setempat meraih penghargaan bergengsi Anugerah Wisata Jawa Timur 2018.

Penghargaan kategori Terbaik III Daya Tarik Wisata Alam itu diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur Heru Tjahjono kepada Wakil Bupati Madiun Hari Wuryanto di Hotel Mercure Surabaya, Selasa lalu (23/10). ‘’Ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan bagi kami,’’ kata Kepala Disparpora Kabupaten Madiun Yudi Hartono kemarin (25/10).

Penghargaan tersebut berhasil diraih Kabupaten Madiun setelah pemerintah setempat mengusulkan lokasi wisata Watu Rumpuk sebagai destinasi wisata alam. Wisata alam yang berada di Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, itu menjadi unggulan daerah di ajang penghargaan bergengsi tersebut.

Pun, berbagai tahapan penilaian sudah dilakukan tim Jawa Timur hingga jelang waktu pengumuman. ‘’Penghargaan ini merupakan motivasi Pemkab Madiun untuk terus menggeliatkan sektor pariwisata,’’ ujar Yudi.

Dia memerinci, di Kabupaten Madiun terdapat beberapa destinasi wisata. Ada 18 lokasi wisata alam dan 14 wisata buatan yang tersebar di Kabupaten Madiun. Juga ada 14 desa wisata, lima wisata sejarah, lima wisata religi, dan sembilan wisata budaya.

Destinasi wisata tersebut, lanjut Yudi, merupakan potensi desa yang layak digali untuk mendongkrak sendi ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Madiun. ‘’Otomatis hal itu akan berdampak pada kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,’’ imbuhnya.

Dengan pencapaian prestasi tersebut, Yudi berharap bisa menjadi angin segar bagi dunia kepariwisataan di wilayah Kabupaten Madiun. Juga sebagai pelecut bagi desa lain dengan potensi serupa untuk terus berkembang. Otomatis hal tersebut menjadi tanggung jawab Pemkab Madiun untuk menggali sekaligus memberdayakan seluruh elemen masyarakat. Yakni, berpartisipasi mendongkrak potensi sektor pariwisata agar semakin menggeliat. “Dengan prestasi ini, tentu kami akan berusaha menjadi lebih baik,” ucapnya. (tp1/rgl/c1/bar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here