Waspada, Lereng Lawu Diselimuti Cuaca Ekstrem

136

MAGETAN – Cuaca di kawasan lereng Lawu sedang kurang bersahabat. Sepekan terakhir sering turun hujan dan jalanan berkabut. Pihak BPBD setempat mengeluarkan imbauan agar semua wisatawan maupun pendaki Lawu tetap waspada. ’’Tetap kami pantau 24 jam, tapi wisatawan juga tidak boleh lengah,’’ kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan Fery Yoga Saputra.

Sudah ada instruksi dari Bupati Magetan Suprawoto agar tim BPBD bersama TNI/Polri siaga selama 90 hari ke depan. Sehingga keselamatan dan kenyamanan wisatawan tetap terjaga. ’’Kami sudah dirikan pos pantau di beberapa lokasi rawan bencana dan kemacetan,’’ ujarnya.

Radar Magetan melakukan pemantauan di kawasan Cemoro Sewu kemarin. Kondisi pada siang hari berkabut. Akses jalan dari Sarangan-Cemoro Sewu juga demikian. Jarak pandang menjadi terbatas. Para pendaki sudah diimbau agar selalu waspada. Khususnya, saat terjadi badai dan hujan disertai petir selama mendaki.

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Rifai menegaskan, semua anggota harus siap siaga 24 jam. Bersama pemkab juga sudah memasang rambu tambahan penerangan jalan di sejumlah titik. ’’Harus fokus demi keselamatan wisatawan,’’ katanya.

Menjelang momen pergantian tahun, dia akan terus memantau kesiapan di lapangan. Terutama di kawasan wisata, seperti di Telaga Sarangan, Telaga Wahyu, dan Cemoro Sewu. Termasuk, sejumlah tempat wisata baru yang dikelola pihak swasta. ’’Jalur menuju tempat wisata kebanyakan di tanjakan, kepada pengendara harus mematuhi peraturan lalu lintas,’’ imbaunya. (mgc/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here