KriminalitasPonorogo

Waria Bawa Kabur Motor, Modus Kejahatan Menyamar Mahasiswi

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Modus kejahatan yang dilakukan Sugeng Suriyadi, 33, cukup menggelitik. Pria asal Desa Tambakmas, Kebonsari, Kabupaten Madiun, itu mengenakan pakaian perempuan menggelapkan motor rental Nia Ranmadani, warga Ponorogo, 21 Maret lalu. ‘’Menyamar sebagai mahasiswi untuk meyakinkan korbannya,’’ kata Kapolsek Ponorogo AKP Haryo Kusbintoro Jumat (1/11).

Sugeng diringkus di rumah kosnya di Jalan Bali, Kartoharjo, Kota Madiun, Kamis (31/11) lalu . Setelah diburu lebih dari dua pekan sejak Nia melapor ke polisi, 15 Oktober lalu. Motor Honda Vario yang disewa Maret lalu tidak kunjung kembali. Ketika dirilis ke awak media, Sugeng mengenakan busana muslim dengan kerudung abu-abu. ‘’Berpakaian perempuan sebagai modus kejahatannya. Tapi SS (Sugeng Suriyadi, Red) alias Berbi ini dikenal sebagai waria,’’ paparnya.

Haryo mengungkapkan, kasus pencurian dan penggelapan bermula saat Sugeng mengirimkan pesan WhatsApp kepada Nia. Pengakuan kepada korban bernama Lutfhi. Tujuannya menyewa motor selama tiga hari. Transaksi dilakukan di Jalan MT. Haryono, Mangkujayan, Ponorogo. Nia percaya begitu saja ketika tersangka tidak bisa menunjukkan kartu mahasiswa dengan alasan tertinggal di kos. ‘’Motor dibawa dan kartu janji diberikan besoknya,’’ ungkapnya seraya menyebut belum ada transaski pembayaran.

Akan tetapi, Sugeng tidak menepati janjinya. Berulang kali nomor handphone (HP)-nya dihubungi tidak aktif. Jengah tanpa kepastian, korban melapor ke Polsek Ponorogo. Hasil penyelidikan nomor HP, tersangka diketahui berada di Kota Madiun. Dia ditangkap saat menunggu pacar atau kliennya. ‘’Motor korban digadaikan Rp 4 juta dan habis dipakai untuk keperluan sehari-hari,’’ ujar Haryo.

Kepada wartawan, Sugeng mengaku nekat mencuri motor karena punya tanggungan membayar hutang. Dia membantah menyamar menjadi mahasiswi. ‘’Saya pakai nama teman kuliah,’’ ujarnya. (dil/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close