Warga Tagih Penyegelan Kandang Ayam Bodong

21

MADIUN – Masih tentang perizinan. Kesabaran warga Dusun Ngrayung RT 30, RW 3 Desa Mojopurno, Kecamatan Wungu sedang diuji. Pasalnya surat peringatan (SP) kedua yang dijanjikan satuan polisi pamong praja (Satpol PP)  tak jelas rimbanya. Janji korp penegak perda untuk mengeluarkan peringatan lanjutan selang sepekan tak ditepati. ‘’Kami akan tagih itu, sekaligus kami sampaikan keluhan kami selama peternakan ayam pedaging itu dibangun,’’ ungkap Siti Rohayah, warga setempat.

Rohayah tetangga dekat kandang ayam milik Abdul Siran menyatakan kandang ayam yang hanya berbatas tembok itu masih beroperasi kendati tak berijin hingga di SP. Surat peringatan pertama yang dilayangkan 28 Januari lalu tak kunjung disusul dengan surat peringatan kedua. ‘’Percuma mengeluh ke RT, RW, maupun Kepala Desa. Kami yang tetap dirugikan,’’ ungkapnya.

Rohayah mengaku bakal menagih janji yang sudah diberikan oleh pihak Satpol PP yang sempat menjanjikan penyegelan kandang ayam tak berijin alias bodong pada 20 Maret lalu. Selama itu pun tidak ada iktikad baik dari pemilik kandang. Mereka tidak mennghentikan aktivitas atau bahkan mengosongkan kandang. Justru, mereka tetap beraktivitas seperti biasa. ‘’Kami sangat menyayangkan tindakan itu,’’ tegasnya.

Rohayah menyebut, jika memang nanti pemilik kandnag masih mencoba mengurus perijinan, yang membutuhkan persetujuan dari masyarakat, pihaknya tetap tak akan mengizinkan. Dia menolak keras keberadaan kandang yang menimbulkan pencemaran lingkungan akibat bau yang mengganggu pemukiman warga. ‘’Kami tidak akan memberi ijin, bagaimanapun kandang itu harus dikosongkan kalau perlu dibongkar,’’ katanya.

Sementara Eko Budi Hastanto Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kabupaten Madiun masih belum dapat memastikan kapan penutupan kandang ayam itu dilakukan. Kendati sempat menjanjikan menutup kandang tersebut pada 20 Maret silam. Acara HUT Satpol PP dijadikan alasan untuk menunda penutupan kandang tersebut. ‘’Kami usahakan segera,’’ katanya. (fat/pra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here