Pacitan

Warga Sukoharjo Memohon Hujan dari Dasar Bendungan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi bencana kekeringan. Warga Desa Sukoharjo, Pacitan, misalnya. Mereka menggelar salat Istisqa di bendungan Sungai Jelok Minggu (20/10). ‘’Ini upaya kami memohon kepada Allah SWT agar segera diturunkan hujan,’’ kata Kepala Desa Sukoharjo M. Anam usai menggelar salat.

Selain diikuti kepala dan perangkat, pun diikuti oleh ratusan warga setempat. Laki-laki dan perempuan, mulai anak-anak hingga orang tua. Salat sunah dua rakaat itu berlangsung khidmat. Dengan khusyuk, mereka bermunajat memanjatkan doa. ‘’Tujuannya hanya satu, agar Yang Mahakuasa segera menurunkan hujan,’’ ucapnya.

Meski berada di wilayah Kecamatan Pacitan (kota), desa ini tak luput dari bencana kekeringan yang berada di kawasan perbukitan. Aliran Sungai Jelok selama ini dimanfaatkan warga untuk kebutuhan irigasi pertanian dan lainnya. Bukan itu saja, sumur-sumur warga ikut mengering. ‘’Sebelumnya air sumur bisa disedot dalam waktu lama. Sekarang dua menit saja sudah habis,’’ ungkap Syarif Husein, salah seorang warga yang mengikuti salat Istisqa.

Sedangkan beberapa sumur warga yang masih ada airnya, berubah warna. Air yang semula bening jadi kekuning-kuningan tanpa diketahui pasti penyebabnya. Meski tidak layak konsumsi, namun tidak ada pilihan lain. ‘’Untuk konsumsi, kami terpaksa mblandong air dari sumur warga lain yang masih jernih,’’ imbuh Waluyo, warga lainnya.

Krisis air bersih dialami sekitar 45 desa di Pacitan. Kondisi tersebut terjadi sekitar enam bulan terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan pun harus mendistribusikan air bersih  untuk mencukupi kebutuhan konsumsi warga. Upaya tersebut bakal terus dilakukan sampai permintaan bantuan tak ada lagi.

Diperkirakan musim penghujan akan tiba awal November mendatang. ‘’Sejak awal bencana kekeringan, 1.070 tangki air bersih telah kami salurkan ke desa-desa yang membutuhkan,’’ kata Kasi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Pacitan Aswin Rikha Wijaya. (odi/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close