Warga Protes Bau Busuk Kandang Ayam

89

MAGETAN – Keberadaan kandang ayam di Desa Sugihrejo, Kecamatan Kawedanan memicu keresahan warga. Sebab, mereka menduga pengolahan kotoran ayam dari peternakan tersebut tak sesuai prosedur. Sehingga menimbulkan bau menyengat.

Keluhan warga itu didengar oleh pemkab. Selasa (21/5), petugas gabungan dari satpol pp dan dinas lingkungan hidup (DLH) menyambangi lokasi peternakan tersebut.  ‘’Baunya dari peternakan itu dianggap masih wajar, tetapi sudah kami himbau agar di benahi kembali yang dirasa masih tidak sesuai aturan,’’ kata Asrori, staf Satpol PP Magetan.

Warga mengharapkan adanya perbaikan mengenai pengolahan kotoran ayam dari peternakan itu. Termasuk melengkapi izin pendirian usaha peternakan tersebut. Karena saat pihaknya menyambangi lokasi itu, pemilik peternakan tersebut gelagapan ketika ditanya soal kepemilikan izin. ‘’Kami sudah koordinasi dengan pemilik peternakan itu untuk secepatnya melengkapi persyaratan administrasinya,’’ terang Asrori.

Dia memastikan sikap represif berupa penutupan usaha peternakan itu bakal dilakukan apabila izin pendirian usaha tersebut tak kunjung diurus. Di sisi lain, Asrori juga menyebutkan telah mendata seluruh peternakan di Magetan yang bermasalah dengan izin. ‘’Kami akan tertibkan semua pmilik kandang ayam yang ada di Magetan apabila persyaratan pendiriannya tidak segera dilengkapi,’’ tegasnya. (mgc/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here